Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.noisscatAvatar border
TS
.noisscat
Terkuak! Ini yang Bikin Bandara Halim Harus Direvitalisasi dan Mau Tutup


Jakarta - Kementerian Perhubungan blak-blakan soal rencana revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma. Salah satu imbas dari revitalisasi ini adalah penutupan bandara.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan revitalisasi bandara dilakukan untuk meningkatkan faktor keselamatan. Adita mengatakan telah terjadi penurunan kualitas besar-besaran di bandara Halim Perdanakusuma.

Misalnya saja, runway alias landasan pacu bandara yang kerap kali mengalami kerusakan. Bahkan, baru kemarin runway Halim Perdanakusuma sempat dikabarkan terkelupas.

Mengapa revitalisasi dilakukan?

Karena kita pertimbangkan faktor keselamatan. Bandara Halim ini punya peran dan fungsi vital, namun saat ini terjadi penurunan kualitas elemen bandara termasuk yang terjadi di runway Halim Perdanakusuma," ungkap Adita dalam keterangan video yang diterima detikcom, Selasa (9/11/2021).

Adita mengatakan pemerintah juga akan mengeluarkan sebuah instrumen hukum dalam rangka revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma. Namun, Adita tak menjelaskan rinci bentuk aturan apa yang akan digunakan.

"Nantinya rencana revitalisasi ini akan dituangkan dalam instrumen hukum. Ini akan perkuat semua jajaran agar revitalisasi berjalan dengan baik dan punya dasar hukum yang kuat," papar Adita.

Menurutnya, Kemenhub saat ini sedang melakukan diskusi intensif membahas berbagai hal soal revitalisasi ini. Diskusi juga dilakukan dengan berbagai stakeholder, mulai dari Kementerian Pertahanan, TNI AU, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian PUPR, operator bandara, dan seluruh pemangku kepentingan Halim Perdanakusuma.

Di sisi lain, soal dampak revitalisasi yang akan terjadi. Mulai dari penutupan bandara Halim Perdanakusuma hingga pengalihan bandara pun sedang dibahas. Adita mengatakan akan ada informasi lanjutan bila sudah ada keputusan resmi soal revitalisasi bandara yang akan dilakukan.


"Saat ini kami siapkan desain. Adapun dampak revitalisasi termasuk operasi penerbangan saat ini masih didiskusikan. Kami mohon untuk bisa menunggu apa yang akan diputuskan dan kami akan sampaikan sesegera mungkin," jelas Adita.

https://finance.detik.com/berita-eko...oogle_vignette

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) bakal merevitalisasi Bandar Udara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta, guna meningkatkan faktor keselamatan penerbangan. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengungkapkan, rencana ini dilakukan mengingat Bandara Halim punya fungsi yang vital, namun terjadi penurunan kualitas elemen bandara terutama runway atau landas pacu.

"Kami sedang menyiapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal-hal tengah kami bahas dengan berbagai pihak," jelas Novie dalam keterangan resmi, Jumat (5/11).

Pihaknya kini tengah membahas secara intensif upaya revitalisasi bandara itu dengan berkoordinasi bersama Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, Angkasa Pura II, serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

Ia menambahkan, pemerintah akan mempersiapkan proses revitalisasi ini dengan memerlukan waktu lebih dari satu tahun.

"Hal ini untuk memastikan keselamatan, dan pelayanan terbaik dapat dipenuhi," sebutnya. Adapun rencana operasionalisasi dan lain-lain akan disampaikan setelah pembahasan bersama kementerian dan lembaga terkait.

Sumber: https://m.mediaindonesia.com/ekonomi...-perdanakusuma



Jakarta - Kementerian Perhubungan menegaskan Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi seperti biasa, meskipun dikabarkan akan tutup. Saat ini aktivitas penerbangan, baik yang komersial maupun kemiliteran masih bisa berjalan dengan normal.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyampaikan seluruh penerbangan komersial, baik yang berjadwal maupun yang tidak berjadwal pun masih bisa menggunakan fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma.


"Sampai saat ini Bandara Halim masih beroperasi seperti biasa. Penerbangan komersial, aktivitas kemiliteran juga masih berjalan seperti biasa. Sekali lagi bagi masyarakat, untuk penerbangan komersial yang berjadwal dan tidak berjadwal masih berlangsung seperti biasa," ungkap Adita dalam keterangan video yang diterima detikcom, Selasa (9/11/2021).

Adita bilang pemerintah akan langsung memberikan informasi bila ada perubahan-perubahan yang terjadi di Halim. "Kami akan sampaikan kalau ada perubahan," katanya.

Di sisi lain, soal revitalisasi yang berujung dengan penutupan bandara, Adita mengatakan Kemenhub akan memberikan waktu dan kesempatan bagi semua pemangku kepentingan untuk mempersiapkan diri.

"Kami juga akan berikan waktu bagi maskapai, operator, dan seluruh stakeholder terkait untuk siapkan diri jika kemudian akan dilakukan revitalisasi dan akan ditegaskan kapan akan dimulai," pungkas Adita.


Bandara Halim Perdanakusuma dikabarkan bakal ditutup untuk program revitalisasi. Meski sudah dikabarkan tutup, Kementerian Perhubungan selaku regulator mengatakan masih membahas opsi untuk penutupan bandara ini. Sampai sekarang pun belum ada keputusan resmi untuk menutup bandara.

https://finance.detik.com/berita-eko...eperti-biasa/2




https://www.suara.com/bisnis/2021/11...rnyataan-resmi

netizen kaskus udah pada SOK TAU aja..

emoticon-Blue Guy Bata (L)

mau di revitalisasi itu cong.. bukan mau di tutup selama lamanya..

emoticon-Blue Guy Bata (L)

Diubah oleh .noisscat 09-11-2021 21:08
areszzjay
muhamad.hanif.2
scorpiolama
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan