Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Emang Bisa Menghantarkan Listrik Berkilometer Tanpa Bantuan Kabel?
Gambar skema transmisi listrik nirkabel | newatlas.com


Sebuah penemuan luar biasa baru-baru ini di publikasikan oleh tim ilmuwan dari perusahaan asal Amerika "Powerlight Technologies dan perusahaan asal Swedia Ericsson" berhasil mentransmisikan energi listrik nirkabel atau tanpa kabel dengan menggunakan sinar laser berintensitas tinggi.

Teknologi nirkabel listrik ini disebut "PowerLight", jadi fungsi PowerLightini akan bekerja untuk mentransmisikan aliran listrik dari satu tempat ke tempat yang lain. Menurut peneliti, PowerLight dapat menghantarkan aliran listrik sejauh beberapa kilometer.

Penggunaan teknologi ini akan dapat menghemat biaya dalam pemasangan jaringan listrik menggunakan kabel dan tiang. Jika pemasangan dilakukan dihamparan hutan yang luas untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang sulit di akses jika menggunakan material tiang dan kabel.

Gambar skema transmisi listrik nirkabel | telecoms.com


Perusahaan Swedia mengatakan, jiks teknologi arus nirkabel ini akan dapat menyuplai arus listrik dan jaringan telepon 5G. Dalam artian disamping menyuplai arus tower ini juga berfungsi sebagai pemancar jaringan konektivitas 5G di bagian mana pun yang terjangkau tower.

Para peneliti menjelaskan jika PowerLightmenggunakan "Sistem Powerlight" yang terdiri dari emitor dan penerima. Emitor berfungsi sebagai pengambil energi listrik dari grid dan kemudian mengkonversinya menjadi sinar laser bertenaga tinggi dan kemudian menembakkan cahaya lasernya ke tower berikutnya untuk mengirimkan listrik jarak jauh.

Gambar skema transmisi listrik nirkabel | eetimes.com


Sinar laser bertenaga tinggi ini dialirkan dari cahaya melalui udara hingga mencapai tujuannya, di tower berikutnya dibuat reseptor fotolistrik khusus yang mengubah laser menjadi energi listrik untuk memberi daya listrik pada menara jaringan 5G. Tower juga akan disuplai baterai jika saat sinar laser terputus maka tower tetap dapat beroperasi dengan biasanya.

Perusahaan juga berencana untuk menggunakannya laser untuk menyuplai listrik pada drone tanpa harus menchargenya secara manual. Tidak hanya disitu saja, perusahan juga berencana untuk menerapkannya di semua jenis kendaraan tenaga listrik. Teknologi ini juga digadang-gadang akan diterapkan di Bulan dan Mars.

Jadi, untuk sementara PowerLighthanya akan menyuplai listrik pada tower-tower pemancar jaringan 5G dan belum digunakan untuk menyuplai listrik kerumah-rumah layaknya listrik menggunakan kabel.




Penulis: Sambelterasi052
Referensi: 1. newatlas.com - Wireless power transmission tech demo uses lasers to run 5G station

2. telecoms.com - Ericsson demos a wireless powered base station
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
EriksaRizkiM
rotten7070
screamo37
screamo37 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
5.6K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan