Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Kematian Terungkap Setelah 800 Tahun Kemudian Berkat Kotoran Tinja di Ususnya
Foto jasad Cangrande yang terawetkan | nbcnews.com


Sebuah kasus kematian seorang penguasa Verona akhirnya terkuak setelah 680 tahun kemudian berkat kotoran yang tertinggal di ususnya yang ikut terawetkan. Pada tahun 2004, ahli paleopatologi yang bernama "Gino Fornachari" berhasil menemukan penyebab kematian "Cangrande I Della Scala" yang merupakan seorang penguasa Verona, Italia dari tahun 1311-1329 dan juga pelindung Dante Alighieri, menurut wikipedia.org.

Gino Fornachari dapat memecahkan kasus kematian tersebut dengan menganalisis sisa-sisa kotoran fases/tinja di tubuhnya. Dan untuk pertama kalinya dalam ilmu dunia sejarah, Gino Fornachari berhasil menjadi ilmuwan asal Italia dari "Universitas Pisa" berhasil mengungkapkan penyebab kematian sang penguasa Verona Cangrande I della Scal.

Gino menemukan racun hasil racikan dari tumbuhan pada kotorannya dan ia pun menyimpulkan jika kematian Cangrande diakibatkan keracunan. Penelitian ini pun sudah diterbitkan dalam Journal of Archaeological Science.

Foto monumen Cangeande I delle Scale | commons.wikimedia.org


Penyebab kematian Cangrande I della Scala adalah karena di racun oleh seseorang yang tidak menyukainya atau seorang pengkhianat. Pada saat usia Cangrande 38 tahun ia mengalami muntah dan diare dan kemudian iapun meninggal.

Menurut catatan sejarah, sebagian besar kisah sebelum kematian Cangrande sudah tertulis di buku sejarah, dimana menurut catatan Cangrande jatuh sakit setelah minum air dari mata air yang kotor.

Pada tahun 2004, ahli paleopatologi Gino Fornachari dari Universitas Pisa mencoba membuka kuburan Cangrande, yang makamnya terletak di gereja Verona Santa Maria Antica. Sebelum Gino melakukan penelitian terlebih dahulu makam Cangrande di Computed Tomography (CT) dan Fluoroscopy Digital agar saat pembongkaran jasad tidak rusak.

Kemudian Gino memeriksa jaringan yang diawetkan dengan baik, lalu Gino membedah tubuh Cangrande untuk mengambil fases (tinja) yang tersisa di tubuhnya.

Foto bunga floxglove | almanac.com


Setelah diambil sampelnya kemudian ia dan timnya memeriksa tinja tersebut, para peneliti menemukan adanya ekstrak serbuk sari chamomile, murbei hitam dan yang mengejutkan mereka adanya foxglove.

Peneliti memperkirakan Cangrande mati karena pengaruh tanaman foxglove, tanaman ini diklaim menjadi penyebab gejala keracunannya Cangrande. Sekarang para peneliti yakin bahwa penguasa Verona tersebut mati karena diracuni, dan metodenya mungkin dia diberi ramuan obat namun bercampur racun.

Para peneliti juga beramsusi jika keracunan ini mungkin tidak disengaja karena siperacik obat tidak tau efek samping dari tumbuhan foxglove jika berlebihan dan berkelanjutan di konsumsi.




Penulis: Sambelterasi052
Referensi: nbcnews.com - Mummy Murder Mystery: How Was Italian Warlord Poisoned?
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 03-11-2021 04:32
asamboigan
Okutet
b.omat
b.omat dan 21 lainnya memberi reputasi
22
10.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan