Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wowsiap.comAvatar border
TS
wowsiap.com
Singapura Pasar Potensial Ekspor Listrik Indonesia


Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Humas DPD RI)


Wowsiap.com - Singapura menjadi pasar yang sangat ideal untuk mengekspor listrik. Pemerintah melalui Kementerian ESDM memang berencana mengekspor listrik, sebab Indonesia memiliki kelebihan daya listrik.

“Berdasarkan lokasi, jelas Singapura menjadi pasar yang potensial. Bahkan, diharapkan ekspor bisa diperluas lagi hingga ke negara-negara ASEAN lainnya,” kata Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/11).

Dikatakan, jika kemungkinan itu ada, kenapa tidak dimanfaatkan dengan baik. Karena yang jelas, Indonesia harus diuntungkan dari hal tersebut. Sebelumnya, pemerintah Singapura merilis rencana untuk mengimpor lebih dari 4 gigawatt (GW) listrik dari luar negaranya, atau 30 persen dari penggunaan domestiknya hingga 2035.

Hal itu untuk mendiversifikasi pasokan dan meningkatkan ketahanan energi. Dalam uji coba pertamanya, Singapura berencana mengimpor 100 megawatt (MW) listrik dari Malaysia dan juga 100 MW listrik tenaga surya dari Pulau Bulan, Indonesia.

Singapura sendiri sedang mengalami krisis energi, yang diakibatkan permintaan yang meningkat dan juga kenaikan tajam harga gas alam akibat gangguan pasokan. Gas sendiri meliputi 95 persen penggunaan listrik di negara itu.

Kabarnya, gangguan itu disebabkan gangguan impor gas dari pipa gas West Natuna RI dan rendahnya pasokan gas dari Sumatera Selatan (Sumsel). Saat ini, 60 persen pasokan gas negara itu memang berasal dari Indonesia.



Sumber: Wowsiap.com

0
609
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan