AniesmakantomatAvatar border
TS
Aniesmakantomat
Ngakunya Banjir DKI Sehari Surut, Warga Kampung Pala Sudah Berhari-hari Kebanjiran!


WE Online, Jakarta - Klaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal durasi banjir di Jakarta tidak sesuai kenyataan. Dia mengaku banjir di Ibu Kota sekarang ini bakal selesai dalam sehari, dimana banjir bisa langsung surut dalam enam jam.

Klaim itu rupanya tak sesuai kenyataan, buktinya kawasan Kebon Pala, Jakarta Timur, sudah terendam banjir sejak beberapa hari belakangan ini. Air yang menggenangi permukiman warga tak kunjung surut hingga sekarang ini.

Baca Juga: Relawan Ganjar: Anies Baswedan Jauh di Bawah!

Adapun banjir di kawasan ini dipicu hujan lokal dan air kiriman dari hulu menyebabkan kawasan ini terendam sejak Kamis, 28 Oktober malam hingga hari ini.

Melihat klaim Anies Baswedan tak sesuai kenyataan, seperti biasa, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria langusung pasang badan beri pembelaan. Dia lalu menjelaskan panjang lebar penyebab banjir di kawasan itu yang salah satunya dipucu meluapnya Sungai Ciliwung. Dia juga menjelaskan banyak hal mengenai solusi untuk menangani banjir di kawasan itu.

"Berbagai upaya di Kali Ciliwung sudah diupayakan. sedang dibuat juga sodetan bersama dengan PUPR pemerintah pusat membuat sodetan dari kali Ciliwung ke BKT masih dalam proses belum selesai," kata Ariza, seperti dilansir, Populis.id, Senin (1/11/2021).

Tidak hanya mengandalkan pembangunan sodetan di Sungai Ciliwung, Ariza mengklaim proyek Pemerintah Pusat yang membangun waduk Cimahi dan Ciawi, di Jawa Barat juga akan rampung dalam waktu dekat ini. Dengan keberadaan dua waduk itu Ariza mengaku debit air dari hulu bisa berkurang drastis sehingga banjir kiriman bisa diminimalkan.

"Waduk di Cimahi dan Ciawi yang insyaallah informasi dari pemerintah pusat itu ditargetkan akhir tahun ini. Mudah-mudahan dengan kehadiran dua waduk ini bisa mengurangi kiriman banjir dari daerah luar Jakarta ke Jakarta," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memandang penanganan banjir yang dilakukan jajarannya saat ini mampu menyurutkan banjir dengan lebih cepat. Hal ini dia sampaikan dalam Rakornas Antisipasi La Nina yang digelar BMKG.

"Di awal tahun ini terasa, daerah-daerah yang biasanya kalau banjir tergenang tiga-empat hari, sekarang kurang dari satu hari sudah kering," kata Anies Jumat (29/10/2021).

Anies mengklaim kondisi ini bisa terjadi karena ia meningkatkan unsur kesiagaan, tanggap, dan galang dari jajaran Pemprov DKI dalam menanggulangi dampak banjir Jakarta.

https://www.wartaekonomi.co.id/read3...jiran?page=all

rotten7070
gagal.jadi.nabi
baikapuk
baikapuk dan 16 lainnya memberi reputasi
17
6.2K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan