Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Bus Low Drive Atau UHD, Apa Kelebihannya?
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi. siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar kelebihan dari bus low drive atau jika di Indonesia akrab dikenal dengan UHD.


UHD, mungkin Gansis pernah mendengar istilah itu, yang artinya "Ultra HD", layar superjernih dengan resolusi 3.840 x 2.160 yang sudah terkenal di dunia per-monitor-an, per-TV-an dan dunia per-elektronik-an.

Namun kali ini berbeda, bus UHD. Atau kalau di luar negeri, biasa dikenal dengan bus low drive. UHD yang merupakan kependekan dari istilah "Ultra High Deck", yang sudah umum di dunia per-bus-an Tanah Air. Kali ini, ane bakal bahas seputar kelebihannya nih Gansis.

1. Bisa Membawa Barang Jauh Lebih Banyak



Bus UHD semuanya menggunakan sasis spaceframe, yang membuat bus UHD memiliki bagasi dengan ukuran sangat luas. Sasis spaceframe sendiri framenya "terpotong" di bagian tengah dari pabrik, yang nantinya akan disambung di karoseri.

Selain itu, dengan lantai supertinggi, atap bagasi pun supertinggi pula. Bus UHD dapat membawa motor dengan cukup mudah, barang pun juga bisa dibawa, itulah mengapa bus ini sebenarnya lumayan cocok untuk jalan lintas Sumatera yang terkenal dengan paketnya.

2. Kapasitas Penumpang Lebih Banyak



Bus UHD memiliki lantai driver dan penumpang yang terpisah. Hal inilah yang membuat perusahaan bisa menambah satu hingga dua row kursi tepat di atas kokpit, sehingga kapasitas penumpang lebih banyak.

Kapasitas penumpang yang lebih banyak, membuat operator atau perusahaan yang menjalankan bus UHD memiliki keuntungan yang lebih banyak, dan omset yang tentunya lebih banyak pula jika mengangkut penumpang penuh, belum lagi jika barang yang dibawa banyak.

3. Kokpit Lebih Terpisah



Kokpit lebih terpisah karena akses dari kabin penumpang ke kokpit perlu menuruni tangga, dimana lantai kokpit dan penumpang berbeda. Hal ini membuat kokpit menjadi lebih terpisah dengan kabin penumpang.

Keuntungannya tentu kokpit yang terpisah membuat driver dan kernet menjadi lebih nyaman, tidak diganggu oleh penumpang. Privasi pun akan lebih terjaga antara kokpit kru dengan kabin penumpang.


Nah, jadi itulah 3 kelebihan bus UHD. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan atau mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
davecchio
EriksaRizkiM
key.99
key.99 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4.7K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan