dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Aku Berbentuk Bulat, Tubuhku Berbalut Biji Wijen, Apakah Aku?



Hai, hai para Gansist! Siapakah yang suka makan cemilan, awas bisa bikin gemuk lho.

Membicarakan cemilan memang asyik. Apalagi cemilan yang langka dan sudah jarang ditemui, bikin lidah meleleh karena pingin mencicipi.

Cemilan memang asyik buat teman ngobrol dengan teman-teman atau sebagai teman saat nonton acara di televisi.

Nah, berikut ini beberapa cemilan yang bentuknya bulat, di luarnya berselimut biji-biji wijen. Apakah nama cemilan-cemilan tersebut?

1. Galundeng
sumber

Galundeng adalah makanan yang sering dijual saat acara pasar malem. Galundeng makanan renyah dan enak terbuat dari tepung terigu yang bentuknya bulat. Sebelum digoreng dilapisi dengan biji wijen. Orang-orang tua di sekitar daerahku menyebutnya sebagai galundeng, tapi lebih banyak orang yang kenal dan paham bila menyebutnya dengan nama onde-onde ketawa. Memang galundeng ini akan mekar terbelah bila telah matang saat digoreng, seperti tertawa.

2. Keciput
sumber

Bentuk keciput ini juga bulat dan di luarannya ada biji wijen yang menempel di sekelilingnya. Bentuk keciput lebih kecil dari pada onde-onde ketawa dan lebih garing, kalau dimakan akan berasa kriuk-kriuk. Keciput ini sebetulnya makanan khas dari kota Kudus yang kerap dijadikan oleh-oleh. Keciput ini ada sebagian masyarakat yang menamainya dengan sebutan onde-onde ceplus.

3. Onde-onde ketan.
dokprib

Onde-onde ketan bentuknya juga bulat mirip bola pingpong, terbuat dari tepung ketan sesuai namanya. Di dalamnya ada isian yang bernama kumbu. Kumbu ini ada yang terbuat dari biji kacang hijau yang telah ditumbuk dan dimasak sedemikian rupa sehingga rasanya gurih dan manis.

Cara membuatnya pun sangat mudah, adonan tepung ketan diuleni lalu dipipihkan diisi dengan kumbu kemudian dibulatkan lalu digulingkan di atas biji wijen. Setelah itu baru digoreng sampai matang. Sedikit alot karena onde-onde ini terbuat dari tepung ketan di bagian luarnya.

Nah, itu tadi 3 jenis makanan yang bentuknya bulat dan ditabur wijen. Apakah ada salah satu yang menjadi favorit, Gansist?

Cukup sekian pembahasan aku tentang onde-onde. Sampai ketemu di thread aku selanjutnya. Terima kasih.

Referensi: dari sini
evywahyuni
gustiarny
cheria021
cheria021 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan