Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Pesawat Jet Tempur J-10 Milik Cina Jatuh, Begini Nasib Pilotnya
Penampakan pesawat jet tempur Chengdu J-10 S terjatuh | fighterjetworld.com


Sebuah laporan mengatakan, jika pesawat jet tempur Chengdu J-10 S dua awak milik angkatan udara Cina jatuh saat latihan di seputaran sungai, beruntung pilot berhasil selamat dengan cara menggunakan kursi pelontar. Begitu juga dengan kondisi pesawat jet tempur J-10 yang terjatuh tersebut tampaknya tidak mengalami kerusakan total dan secara fisik hanya hancur di bagian ujung depannya saja.



Menurut laporan, lokasi terjatuhnya jet tempur J-10 berada di pinggir sungai Jialu di provinsi Henan, Cina. Menurut warga yang sedang memancing melihat jelas kejadian tersebut, dimana pesawat jet tersebut menukik jatuh ke arah tepi sungai dan beruntung pilot dapat selamat menggunakan parasut terjun payung dan kemudian pilot tersebut jatuh ke tengah sungai.

Setelah jet tempur J-10 jatuh ke tepi sungai, seketika itu juga para warga mulai berdatangan untuk melihat kejadian tersebut. Jet tempur tersebut tidak meledak mungkin dikarenakan menghantam bagian tanah yang lunak, jadi kerusakan parah hanya terlihat pada bagian moncong pesawat saja akibat menghantam tanah terlebih dahulu.

Penampakan pesawat jet tempur J-10 terjatuh | defance-blog.com


Atas insiden fatal tersebut yang sudah terekspos publik, pemerintah provinsi Henan dan juga Angkatan Udara Cina belum melakukan konfrensi pers untuk menjelaskan penyebab kecelakaan tersebut.

Pesawat jet tempur J-10 dua awak ini diproduksi oleh perusahaan "Chengdu Aircraft Industry Corporation of China." Pesawat ini di ciptakan untuk menggantikan pesawat tempur seri sebelumnya yaitu J-7 dan J-8. Keberadaan J-10 ini tentunya menjadi salah satu kekuatan besar pertahanan militer Cina untuk menghadapi musuh-musuhnya.

Gambar pesawat jet tempur J-10 | airspace-review.com


Untuk mengantisipasi kelemahan militernya, pemerintah Cina langsung menyuplai beberapa jet tempur terbaru untuk Angkatan Udara Cina sebagai alat pertahanan udara.

Tidak seperti Mirage, J-10 juga memiliki dua sayap segitiga yang terletak tepat di belakang kokpit untuk meningkatkan kemampuan manuvernya. J-10 juga memiliki tiga buah tiang senjata di setiap sayapnya dan tiga dudukan untuk menahan beban senjata.

Semoga Angkatan Udara Cina segera merilis penyebab terjatuhnya jet tempur tersebut, apakah karena ada kesalahan mesin atau karena kesalahan pilotnya.



Penulis: Sambelterasi052
Referensi: eurasiantimes.com - Chinese J-10, Indian Mirage Fighter Jet Crashes, Netizens Mock Indian Air Force’s Poor Capabilities
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 28-10-2021 12:00
EriksaRizkiM
eyefirst2
asamboigan
asamboigan dan 12 lainnya memberi reputasi
11
8.3K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan