Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

benny1010Avatar border
TS
benny1010
Cilay Ensamble Masuk Nominasi Vox Pop Indipendent Musik Awards di Amerika Serikat
                    
foto : benny krisna - Cilay Esamble
Hallo gan sis apa kabar. saya beharap semua tetap dalam kondisi sehat, walaupun kita sedang dihantui ketakuatan yang begitu mencekam, oleh bencana virus Covid-19 yang sedang melanda negeri kita. Kita berharap kondisi ini segera berakhir.

Pada tulisan saya kali ini, saya ingin mengabarkan ke semuanya, bahwa ketika situasi negara kita sedang dilanda bencana Covid-19, ternyata ada kabar yang mengejutkan sekaligus menggembirakan kita semua, khsususnya insan musik etnik Indonesia. 

Kabar itu datang dari kelompok musik Cilay Esamble yang mengukuhkan diri masuk ke dalam deretan kolompok musik nominasi ajang Vox Pop Independent Musik Awards di Amerika Serikat. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 23 April 2020.

Lagu Cilay Ensemble yang berjudul Muaro didominasikan dalam kategori World Beat Song dan kini menuju final penjurian. Begitu kata Direktur Eksekutif The Independent Musik Awards Martin Forlkman, dalam pernyataan persnya pekan lalu.

Martin menuturkan, manajemen penghargaan saat ini telah mendistribusikan siaran pers ke ribuan outlet berita, pembeli bakat musik, lebel rekaman, manejer, program radio dan pembuat selera industri lainya di seluruh dunia. Dilansir dari media Portal Teater 13 april 2020.


Masuknya Cilay Ensemble ke ajang penyeleksian bergensi ini, berawal dari tawaran dari panitia Vox Pop Independent Musik Awards AS melalui surat elektronik pada akhir tahun lalu. Tawaran tersebut langsung diterima oleh manajemen Cilay Ensemble.
Cilay Ensemble yang dimotori oleh Cilay, merupakan kelompok musik yang memiliki latar belakang musik etnik Minangkabau Sumatera Barat. Walaupun berasal dari ranah Minangkabau, akan tetapi karya-karya musik yang dilahirkan Cilay selalu menawarkan bentuk baru, sehingga setiap musik yang dilahirnya memiliki ciri khas tersendiri bernuansa kontemporer yang sangat berbeda dengan kelompok musik etnik lainnya.

Pada kompetisi kali ini, Cilay Ensemble memadukan materi musik etnik Minangkabau dengan modern. Dimana pada karya ini melibatkan 14 seniman yang memiliki latar belakang disiplin ilmu seperti musik dan tari.
Menurut Cilay, dalam kompetisi kali ini ada sekitar 30 genre musik yang dilombakan. Jadi bila dihitung dari keseluruhan kelompok musik yang tampil, lebih kurang mencapai 400 sampai 600 kelompok musik dengan beragam video musiknya.
Untuk menghadapi awardsini kami sudah punya rekamannya yang kami rekam tahun 2014 dan lagu ini yang saya ajukan dalam perebutan awards ini," kata Cilay
Ia mengaku bangga, walaupun bukan kelompok besar dan terkenal, akan tetapi mampu menembus jagad musik dunia. ini membuktikan bahwa musik Indonesia memiliki potensi luar biasa yang dapat digarap untuk terus berkembang di masa yang akan datang, ungkap Cilay.
Kelompok musik Cilay Ensemble berdiri sejak tahun 1987 bersamaan dengan berdirinya kelompok Cilay Dance Theatre yang bermarkas di Jakarta. Sejak itu Cilay dan teman-teman komunitasnya sering mengikuti festival bergengsi baik dalam maupun luar negeri, seperti World Music Fest di Vietnam(2010), Super Dance di St, Petersburg, Rusia.

Semoga dengan prestasi yang diraih oleh kelompok Cilay Ensemble ini, bisa memicu gairah balantika musik etnik kita di Indonesia untuk terus maju, yang kita tau sudah mulai kurang diminati oleh generasi muda kita saat ini.


Sumber : Cilay Ensamble, Portal Teater
Diubah oleh benny1010 17-04-2020 15:11
ipangperalta
4iinch
anasabila
anasabila dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan