Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sitiaminatuzzuhAvatar border
TS
sitiaminatuzzuh
Makanan Khas Situbondo yang Paling Mantull (Ada Sate Lalat?)
Ini merupakan berbagai makanan khas dari situbondo nih..
1. Nasi Sodu


Nasi sodu merupakan sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang dicampur kacang panjang. Terkadang diberi campuran wortel dan buncis. Intinya nasi sodu, sayurnya adalah kuah santan dengan lauk ikan tongkol yang dimasak bumbu merah dan tidak lupa cengek alias sambal terasi toge.

2. Nasi Karak

Nasi Karak

Selanjutnya adalah makanan yang juga sangat enak dan populer di Situbondo yaitu nasi karak. Nasi karak ini sajian utamanya hampir sama dengan nasi kucing yang banyak ditawarkan di beberapa daerah lain, atau bisa juga mirip dengan sego sadukan.

Makanan khas Situbondo ini merupakan nasi yang diberi taburan parutan kelapa, biasanya dalam penyajian makanan khas yang satu ini di tambahkan dengan lauk berupa tahu dan tempe goreng, serta bisa juga di tambahkan dengan lauk ikan tongkol yang khas, sehingga menjadikan makanan ini menjadi lebih nikmat untuk disantap.

3. Nasi Kaldu

Nasi Kaldu

Nasi kaldu ini merupakan nasi yang memiliki ciri khas kuah kecoklatan cenderung kental dan gurih. Nasi kaldu ini disajikan dengan tambahan kerupuk yang punya cita rasa sangat enak dan lezat.

4. Tajin Palapa

Tajin Palapa
Makanan ini merupakan bubur yang di sajikan dengan bumbu kacang, tetapi bubur ini tidak jauh berbeda dengan bubur pada umumnya, yang menjadikan khas dari tajin palapa ini terletak pada bumbunya, dan resep bubur itu sendiri yang khas dari Situbondo.
5. Sate Lalat

Sate Lalat

Masih dalam area sate ya. Sate Lalat yang unik ini berbeda dalam hal rasa dan ukurannya. Dalam satu tusuk sate terdapat potongan daging ayam yang kecil-kecil seperti lalat. Rasanya gurih karena disiram dengan bumbu khas Situbondo.

6. Nasi Acak Adut

Nasi Acak Adut
Dilihat dari namanya meang agak lucu ya, namanya adalah Nasi Acak Adut. Makanan yang satu ini disajikan dengan lauk yang beragam, ada oseng-oseng tahu tempe, otok, ayam kecap, hingga terong penyet.




tata604
tien212700
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
2
3.4K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan