OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Motor Bebek Ayago Selain Sonic, Motor Baru Tapi Kelihatan Kuno


Segmen motor bebek di Indonesia memang sudah tidak setenar dulu, sekarang eksistensinya sudah mulai digantikan dengan keberadaan motor matic. Buktinya pabrikan sangat antusias dan lebih dominan melakukan inovasi di produk motor matic.

Sudah banyak model dan penyegaran yang mereka lakukan di segmen motor matic, semua bukan tanpa alasan…tentu pabrikan ingin tampil paling loyal dimata konsumennya. Gak segan-segan mereka berani memberikan teknologi serta fitur yang berlimpah, ditambah segmentasi harga yang bikin konsumen bisa mikir dua kali.

Lalu bagaimana dengan nasib segmen motor bebek? Sebenarnya mereka masih tetap eksis. Tetapi untuk saat ini kelas motor bebek bukan prioritas bagi pabrikan motor. Perkembangannya terbilang sangat lambat dan persaingannya tidak begitu ketat. 


Sementara ini ada beberapa lineup yang mengisi kelas motor bebek, yakni kelas motor bebek biasa, bebek sport, dan ayago. Semua punya pasarnya sendiri-sendiri, jika mereka yang ingin mengincipi berkendara santai namun tetap bisa ngebut bisa pilih bebek sport, tetapi kalau ingin tampil stylis dan anak muda banget, bisa pilih ayago.

Ngomongin soal ayago, pasar motor ayam jago tersebut di Indonesia tidak seramai itu. Seperti yang kita tahu, saat ini baru dua model yang dikeluarkan yakni Honda Sonic dan Suzuki Satria. Tetapi kenapa ada satu motor Honda yang nyempil disini? Apakah ini motor bebek baru di kelas ayago?

Hmm jangan berprasangka dulu, sepertinya sosok tersebut bukan untuk pasar Indonesia, melainkan negara tetangga kita yakni Filipina. Nah motor ini diberi nama Honda XRM RS125 FI model 2020. Kalau ngomongin desain, sebagian yang bisa kita lihat memang nampak seperti sebuah ayago, tetapi bagian belakangnya justru mirip seperti motor bebek biasa.



Ayago dikenal dengan bentuk yang sporty, dengan bodi belakang nungging dan menggunakan suspensi model monoshock. Tetapi Honda XRM berikut masih mengandalkan model suspensi dual shock. Minim sentuhan teknologi membuat tampilan motor ini jadi terlihat kuno. Semua sektor penerangan saja masih pakai halogen biasa.

Untuk mesin gak ada yang spesial, Honda menggunakan mesin 124,8cc single silinder SOHC, dapat memproduksi tenaga sebesar 9,5PS dan torsi berkisar 9,59NM…yaa sangat standar bagi sebuah motor bebek 125cc. 

Soal harga, disana Honda XRM dipatok P75.452 atau kalau kita rupiahkan sekitar 22,9 jutaan. Mahal juga ya. Gimana menurut kalian?

Referensi : [url]https://www.iwanbanaran.com/2020/08/14/nongol-motor-ayago-honda-lhooo-iki-motor-opo-cak/[/url]

farinamany
doobey
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan