adi771Avatar border
TS
adi771
Siapa Paracelsus dan bagaimana sejarah kedokteran berubah ?

Beberapa sejarawan menganggap ia sebagai pendahulu biologi, antropologi, dan biokimia. Carl Jung bahkan mempercayai dia pelopor psikoanalisis. Theophrastus Phillippus Aureolus Bombastus von Hohenheimyang dikenal dengan panggilan Paracelsus ini hidup jauh sebelum semua disiplin ilmu itu diciptakan.
 
Paracelsus adalah seorang dokter yang lahir di dekat Zurich, Swiss, pada tahun 1493. Selain dokter, dia juga seorang astrologer dan alkemis. Sumbangan utamanya untuk dunia kesehatan adalah penciptaan obat-obatan pertama berdasarkan bahan kimia dan mineral.
 
Kehidupan orang ini lebih superior daripada Celso, seorang dokter Romawi yang terkenal pada abad pertama. Namun hal ini sangat berwarna dan banyak kontroversi sehingga mengilhami banyak penulis dari Goethe hingga Jorge Luis Borges.
 
Meskipun telah menerima pendidikan di universitas, Paracelsus menentang pendidikan kedokteran resmi dan bentrok dengan lembaga medis.
 
Dia mempertanyakan teks-teks Hippocrates, Galen, Avicenna dan penulis klasik lainnya, dan bahkan secara terbuka membakar beberapa buku mereka.
 
Alih-alih mengikuti tradisi kuno yang diwarisi dari Yunani dan Arab, ia mengusulkan bahwa praktik medis didasarkan pada prinsip alkimia dan astronomi.
 
Dia percaya bahwa manusia adalah mikrokosmos dan dokter yang baik bukanlah orang yang mempersiapkan secara akademis, tetapi orang yang paling memahami alam dan tatanan kosmik.
 
Saya berpikir bahwa hanya dokter dengan bakat bawaan ini yang harus berlatih kedokteran.
 

 
Paracelsus percaya bahwa kunci penyembuhan adalah memisahkan yang murni dari yang tidak murni dan ini dicapai melalui alkimia.
 
"Banyak yang mengatakan tentang alkimia bahwa itu adalah untuk membuat emas dan perak, bagi saya itu bukan tujuan, tetapi untuk mempertimbangkan apa yang disebut kebaikan dan kekuatan yang ada dalam kedokteran," tulisnya.
 
"Sangat penting bahwa alkimia harus dipahami dalam dunia kedokteran, karena kebaikan laten yang berada di alam, yang mungkin tidak jelas bagi siapa pun, kecuali sejauh mereka mampu diungkapkan oleh alkimia," katanya.
 
Untuk memisahkan bahan kimia dan mineral, Paracelsus menggunakan tiga metode: distilasi, kalsinasi dan sublimasi. Semua proses ini menghasilkan zat yang lebih murni, intens dan kuat.
 
Alchemy for Paracelsus bukan hanya metode untuk memperoleh obat-obatan dalam bentuk paling murni. Itu sesuatu yang jauh lebih mistis.
 
Dia percaya bahwa tanaman dan mineral memiliki kekuatan tersembunyi dan hanya seorang dokter yang diilhami oleh Tuhan yang bisa mengenali dan memisahkan kekuatan-kekuatan itu, yang memiliki kekuatan spiritual untuk menyembuhkan.
 
Obat rakyat
 
Paracelsus memperoleh popularitas besar pada masanya. Dengan menggunakan bahan kimia dan mineral untuk mengobati berbagai penyakit, ia berhasil menyembuhkan pasien yang selama ini dianggap tak bisa tersembuhkan oleh obat tradisional.
 
Ada kesaksian bahwa ia menyembuhkan pasien penderita lepra, epilepsi dan asam urat, yang merupakan penyakit tersulit untuk diatasi pada masa itu, bahkan hingga sekarang.
 
Prestasi profesionalnya yang terbesar adalah menjadi dokter pertama yang secara klinis menggambarkan sifilis dan mengobatinya menggunakan merkuri.
 
Dia juga menemukan laudanum, campuran alkohol dan opium yang dianggap sebagai salah satu analgesik pertama, yang membuatnya mendapatkan ketenaran besar pada abad kesembilan belas oleh pecandu yang paling terkenal: Percy Bysshe Shelly, Lord Byron, dan Samuel Taylor Coleridge, dan lainnya.
 
Beberapa orang menganggap Paracelsus sebagai "ayah" toksikologi karena ia adalah orang pertama yang memahami bahwa racun tertentu, yang diberikan dalam dosis kecil, dapat berfungsi secara optimal sebagai obat-obatan.
 
Dia juga dicintai karena dia bisa dihubungi: dia memberikan pidato dalam bahasa lokal ( bahasa Jerman Swiss) sehingga semua orang dapat memahaminya.
 
Obatnya dikenal sebagai obat rakyat dan merupakan tantangan besar pertama bagi obat-obatan ortodoks.
 

 
Hanya sedikit yang bisa diketahui tentang pria legendaris ini. Dipercaya bahwa ayahnya adalah seorang dokter dan ia dibesarkan di wilayah pertambangan, yang telah memberinya pemahaman tentang kimia logam dan cara mengolahnya.
 
Dia juga selalu bentrok dengan pihak berwenang di mana dia berada, jadi dia akan hidup hampir seperti pengembara.
 
Ada banyak versi tentang dia: ada yang menyatakan bahwa dia merupakan seorang pecandu alkohol.  Sulit untuk menentukan mitos realitasnya. Tetapi yang tak dapat disangkal adalah bahwa Paracelsus menyebabkan perubahan besar dalam dunia medis pada zamannya.
 
Referensi: wikipedia dan britannica.com

0
6.3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan