Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

richoandrew90Avatar border
TS
richoandrew90
Lihat Ambulans Gawat Darurat Lewat di Jalan, Begini Cara Respons yang Benar
Agan dan Agan wati, belakangan ini di Jakarta terjadi kasus mengenai kendaraan yang mengahalangi laju-nya mobil ambulans gawat darurat. Kasus ambulans gawat darurat ini bukan terjadi di Jakarta saja gan. Kasus ambulans gawat darurat ini juga terjadi di Depok dan Garut.

Seperti yang agan tau, ambulans gawat darurat merupakan salah satu jenis kendaraan yang mendapat prioritas dijalan. Sebab, kendaraan ambulans gawat darurat dilengkapi dengan sirine agar mempermudah mobilitas dijalan. Jadi bukan hanya hiasan aja gan.

Beberapa Kasus Ambulans Gawat Darurat yang Dihalangi Pengendara:

Oknum Dishub Memberhentikan Ambulans Karena Senggolan
Kasus ini terjadi pada tanggal 11 Juli 2020 gan, di mana ada pengendara motor ini sempat menghentikan mobil ambulans di daerah Sawangan Depok. Usut punya usut pengendara motor ini ternyata Petugas Dinas Perhubungan kota Depok yang tidak terima karena doi hampir terserempet oleh mobil ambulans.

Petugas DISHUB ini sempat memberhentikan mobil ambulans dan terjadi adu mulut dengan sopir ambulans. Namun pada akhirnya mereka berdamai karena tidak ada kerugian di kebelah dua pihak.

Ambulans Dihalangi, Pasien di Garut Meninggal Dunia
Mobil ambulans yang membawa pasien ini diduga mengalami pecah pembuluh darah telat tertolong hingga meninggal dunia di RSUD dr Slamet, Garut. Usut punya usut, mobil ambulans yang membawa pasien ini dihalangi oleh pengendara lain.

Ada salah satu saksi yang mengatakan bahwa si saksi ini melihat jelas ada yang menghalangi mobil ambulans tersebut. Saksi mengatakan ada mobil berwarna biru metalik dengan nomor polisi Z 1404 CT yang menghalangi mobil ambulans.

Kasus ini sudah di tangani oleh pihak Kasat Lantas Polres Garut dan sudah ditelusuri mobil tersebut hingga ke daerah Sumedang.

Sopir Ambulans Marah Karena Dihalangi Pengadara di Pondok Indah
Beredar video viral sebuah mobil berwarna putih yang menghalangi jalannya mobil ambulans di daerah Pondok Indah, Jaksel. Mobil ambulans ini sudah membunyikan sirine yang berarti dalam kondisi darurat tetapi mobil putih tersebut tetap bergerak lambat dan menghalangi jalannya mobil ambulans. 

Di video tersebut terlihat ada beberapa orang mendatangi mobil putih yang menghalangi mobil ambulans tersebut. Dan ada seseorang yang marah dan menghampiri mobil putih tersebut diduga orang itu sopir mobil ambulans.

Peraturan Mengenai Ambulans Gawat Darurat di Jalan Raya
Yang kita ketahui mobil ambulans masuk dalam mobil kendaraan prioritas. Hal ini sudah di atur Gan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dalam pasal 134 mengenai pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk di prioritaskan sesuai dengan urutan berikut:

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
2. Ambulan yang mengangkut orang sakit.
3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas.
4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara
6. Iring-iringan pengantar jenazah. Iring-iringan pengantar jenazah.
7. Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Cara Respons Ambulans Gawat Darurat yang Benar

Ketika agan dan agan wati mendengar suara sirine agan harus segera mengetahui asal suara dan mengambil tindakan untuk memberikan jalan bagi ambulans.

Cara Menghubungi Ambulans
Bagi agan yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk menghubungi ambulans di kondisi darurat berikut langkah-langkahnya gan:

Menghubungi layanan darurat, agan bisa menghubungi di nomor 112 (Layanan Darurat), 118 atau 119 untuk ambulans.

Jika sudah agan telfon, berikan informasi yang detail kepada operator:

- Beritahu nama agan.
- Lokasi kejadian
- Nomor telfon yang agan gunakan saat menelpon operator


Jadi seperti itu gan cara untuk menghubungi Ambulans. So buat agan dan agan wati semoga info diatas membantu para agan dan untuk pelajaran kita semua ya. 
Cheers! emoticon-Toastemoticon-Toast




sumber: tunastoyota.com/post/ambulans-gawat-darurat
Diubah oleh richoandrew90 08-09-2020 06:16
0
308
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan