Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Terlajur Sayang, Mobil Tua ini Malah Dijadikan Tempat Tidur

Orang kalau udah terlanjur sayang ama tunggangan, sekali pun itu udah tua, pasti gak akan mau untuk menjualnya apalagi dijadikan barang rongsokan atau dikiloin. Mereka pasti akan tetap mempertahankan mobil tersebut. Tapi apa jadinya kalau tu mobil tua udah gak boleh lagi beredar di jalanan, masa mau didiemin gitu aja di bagasi? Yang ada malah rusak...

Kondisi seperti diatas ternyata dialami oleh dua bersaudara Raghav dan Rohan. Mereka udah terlanjur suka ama sebuah mobil hatchback tua 5 pintu. Pemerintah di tempat ia tinggal tidak membolehkan mobil yang udah berusia lebih dari 20 tahun tersebut beredar di jalanan. Karena regulasi tersebut, dua bersaudara ini mencari cara supaya mobil tua ini bisa digunakan dan gak dibuang gitu aja. Jadilah mereka memodifikasi mobil tersebut menjadi tempat tidur.


Maruti Zen keluaran 1998 itu awalnya dibeli oleh Raghav dan timnya ketika mengerjakan proyek di lokasi terpencil di Haryana. Maruti Zen merupakan mobil Suzuki yang diproduksi khusus untuk pasar India (1993-2006). Mesinnya berkapasitas 993 cc, dengan power maksimum 60,9 PS dan torsi puncak 78,48 Nm. Ternyata mobil mungil tersebut sangat bisa diandalkan oleh Raghav dalam membantu pekerjaannya.

Ketika proyek selesai pada pertengahan 2019, mobil tersebut dibawa ke New Delhi. Mobil itu masih dalam kondisi layak dan bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kendati demikian, mobil tua ini perlahan-lahan mengalami masalah di bagian kemudi dan sistem pengereman. Maruti Zen itu pun dibiarkan mangkrak berbulan-bulan.

Pada suatu hari adik laki-laki Raghav, Rohan, muncul dengan ide untuk melepas mesin mobil dan menggunakannya sebagai generator pembangkit listrik. Namun setelah mesin, sistem transmisi, dan tangki bahan bakar terlanjur dicopot, proyek generator tersebut ditunda karena pandemi COVID-19.

Raghav yang melihat mobil tuanya teronggok tanpa mesin, akhirnya memiliki ide untuk mengubahnya menjadi tempat tidur. Ide itu pun disambut positif oleh Rohan dan ia memutuskan mengerjakan modifikasi itu.

Ada sejumlah ubahan yang dilakukan pada Maruti Zen untuk membuatnya jadi tempat tidur yang layak digunakan. Antara lain memperbaiki bagian sasis yang berkarat, mencopot kaca depan, atap, kursi depan, dan belakang. Kemudian memasang kembali pintu, kap mesin, bumper, termasuk lampu depan. Setelah itu, memasang rangka tempat tidur, kayu pelapis, dan menutup tepian kasur yang tajam dengan pipa PVC. Langkah terakhir adalah menempatkan sebuah kasur di atasnya.


dhinyzfrn
davecchio
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan