Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Muncul Wacana Pembebasan Biaya Mobil Baru, Jadi Lebih Murah donk?
Mungkin ini bisa dibilang kabar baik GanSis, soalnya Kementerian Perindustrian ke Kementerian Keuangan ngajuin relaksasi berupa pemangkasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun berharap usulan tersebut diterima, paling tidak penggratisan pajak mobil baru. Mereka juga berharap kalau ini bisa direalisakan mulai pada bulan depan.


Tujuan relaksasi ini adalah untuk menstimulus konsumen untuk membeli mobil dimasa pandemi Covid – 19. Jika stimulus ini sukses, maka akan sangat membantu industri otomotif Indonesia. Dalam hal ini bukan hanya jualan mobil atau motor GanSis, tapi juga termasuk industri pendukungnya, seperti industri komponen, financing company, asuransi, sparepart, dan industri lainnya.

Jika beneran diterapkan pajak 0% untuk pembelian mobil baru, maka akan berdampak pada harga jual mobil. Harga mobil bisa menjadi lebih kompetitif dan atau mendekati harga off the road. FYI, harga off the road adalah harga sebelum dikenai beban pajak. Pajak kendaraan bermotor itu ada bermacam – macam, mulai dari Bea Balik Nama (BBN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), dan PKB (Pajak Kendaraan Bemotor).

Hmmm...kalau dipikir – pikir ini jadi serba salah juga ya GanSis. Hanya sebagian kecil kayaknya masyarakat Indonesia yang akan beli mobil di kondisi seperti ini. Pasti banyak pertimbangan mereka sebelum membeli mobil. Tapi jika industri ini pelan – pelan mati, maka akan berdampak pada ekonomi orang – orang yang ada dibelakangnya. Contohnya industri pendukung yang Ane sebutin diatas dan karyawan – karyawan pabrikan mobil sendiri.

Menurut Agan dan Sista, relaksasi seperti ini bakalan memiliki dampak yang signifikan gak ya?



Diubah oleh kaskus.infoforum 21-09-2020 03:46
doobey
TuanLi
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan