Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

beaufighterAvatar border
TS
beaufighter
Sejarah kota Jerusalem, Kingdom of Heaven on Earth


Yerusalem

Yerusalem - nama itu bergema di hati umat Kristen, Yahudi dan Muslim sejak berabad-abad sengketa dan sejarah bersama.

inti Yerusalem adalan bagian Kota Tua, suatu labirin gang-gang sempit dan arsitektur bersejarah yang menandai empat penjuru kota - kawasan Kristen, Muslim, Yahudi dan Armenia. Dikelilingi oleh dinding batu berupa benteng tempat berdirinya sejumlah situs tersuci di dunia.

dalam bahasa Ibrani disebut Yerushalayim dan dalam bahasa Arab disebut al-Quds, Yerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia.



di masa lalu, kota ini pernah berulang kali direbut, ditaklukan, dihancurkan dan dibangun kembali oleh berbagai pihak, dan seakan setiap lapisan buminya mengungkapkan berbagai potongan sejarah masa lalu.

setelah negara Israel berdiri, walaupun ibu kotanya yang resmi adalah Tel Aviv namun Yerusalem tetap dianggap sebagai ibu kota tak resmi dalam sanubari bangsa Israel.

sebuah keyakinan yang bisa ditelusuri dalam kisah kisah Taurat/ old testament dan bahkan Al Quran tatkala raja/nabi Daud/ David pada sekitar 1000 SM dipercaya menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota kerajaannya.



selanjutnya putranya nabi/ raja Sulaiman, konon pada masa kejayaannya berhasil mewujudkan cita cita raja Daud, membangun Bait Allah di Yerusalem, sebuah cita cita raja Daud yang gak kesampaian gara gara gak direstui Tuihan sebab raja Daud jatuh sebab pesona kecantikan wanita Bathsheba, istri Uriah.

setelah masa pemerintahan raja Sulaiman, waktu terus berjalan, kerajaan Israel runtuh, selanjutnya Yerusalem berganti ganti pemilik dan menjadi ajang perang selama berabad abad hingga pada tahun 1517 hingga 1917 the Ottoman Empire—whose official religion was Islam—ruled the city.

kembali ke masa masa Bait Allah Salomo, adanya Bait Allah tersebut menjadikan Yerusalem sangat istimewa bagi bangsa Yahudi khususnya pemeluk Judaism, orang orang Yahudi yang tersebar jauh secara tradisi bila berdoa selalu menghadap ke Yerusalem sebagai kiblatnya (mungkin ke arah Tembok Ratapan, sekarang, cmiiw).

tetapi bukan hanya bangsa Yahudi yang menganggap Yerusalem istimewa...



menurut Al Quran Umat Islam, sekitar tahun 620 M. Nabi Muhammad SAW mengalami sebuah peristiwa yang sangat penting yang dikenal sebagai Isra Mi'raj, sebuah peristiwa manakala beliau melakukan perjalanan ke surga guna menerima beberapa instruksi penting dari Allah.

Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad pada malam hari dari masjid Haram di Mekah ke masjid al Aqsa di Yerusalem sebelum kemudian dari sana melanjutkan perjalanan ke surga, di Sana beliau berhasil bernegosiasi dengan Allah yang awalnya memerintahkan Salat sebanyak 50 x sehari hingga akhirnya menjadi hanya 5 x sehari.

karena pentingnya Yerusalem bagi Umat Islam, kiblat pertama saat sholat adalah kota Yerusalem, yang kemudian karena suatu sebab entah apa akhirnya kiblat diganti ke Mekah hingga hari ini.



sedangkan bagi umat Kristen, Yerusalem istimewa sebab disanalah Yesus ketika beranjak remaja sekitar 12 tahun sudah menyampaikan pengajaran di Bait Allah Yerusalem, momen lain yang penting ialah ketika Yesus memasuki kota Yerusalem dan disambut dengan daun palem oleh penduduk kota tersebut,

pendeknya, bila bicara sejarah kota Yerusalem mau tak mau tak bisa dilepaskan dari sejarah biblikal ke 3 kitab suci Abrahamic yang menempatkan Yerusalem sebagai sebuah tempat yang istimewa.

mungkin itu memang takdir Yerusalem, sebuah kota pilihan Tuhan Allah di bumi yang sulit menemukan ketenangan karena keistimewaannya tersebut,

sumber:

http://www.bbc.com/indonesia/majalah-42261448#

http://www.history.com/news/why-jews...s-on-jerusalem



emoticon-Ngacir
Diubah oleh beaufighter 07-12-2017 19:16
yoseful
yoseful memberi reputasi
1
21.6K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan