Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nurasia446Avatar border
TS
nurasia446
Ternyata Begini Ya Awal Mula Di Ciptakannya Becak! Simak Yuk!!!
      
Becak kendaraan roda tiga yang pernah menjadi kendaraan primadona, dan sekarang keberadaanya sudah mulai langkah dan tergantikan oleh becak motor. Namun teryata awal mula diciptakannya becak adalah karena bentuk rasa cinta seorang suami kepada istirnya yang lumpuh dan berpikiran bagaimana caranya untuk membawa istrinya berjalan-jalan menikmati keindagan kota. Pria tersebut adalah Pria yang berkebangsaan Amerika Serikat yang menjabat sebagai pembantu di Kedutaan Besar Jepang Amerika Serikat di Jepang.  Dan bermaksud untuk membawa istrinya berjalan-jalan melihat keindahan pemandangan Kota Yokohama, dan berfikiran bagaimana membuat kendaraan untuk satu orang kemudian dia mulai membuat gambar dalam secarik kertas dan mengirimkan ke sahabatnya Frank Folly, dan kemudian Follay membuat sesuai rancangan Gobay dan mengirimkannya ke pandai Besi bernama Obaidah Wheeler dan jadilah becak. Awalnya becak ditarik oleh tenaga manusia dan dinamakan “Jinrikisaha” yang artinya menggunakan tenaga manusia, kemudian kendaraan tersebut menjadi kendaraan para bangsawan jepang dan keberadaan Jinkirisha di jepang menghilang pada tahun 1950-an. Bukan Cuma di Jepang ternyata “jinrikisha” juga sampai ditelinga masyrakat tiongkoak dan menjadi kendaraan pribadi para bangsawan tiongkoak dan dinamakan  rickshaw, dan beroperasi sampai pada tahun 1870.

                Sementara keberadaan becak di Indonesia, tak ada yang tahu pasti kapan mulai dikenal Lea Jellanik dalam Seperti Roda Berputar, menulis becak didatangkan ke Batavia dari Singapura dan Hongkong pada 1930-an. Jawa Shimbun terbitan 20 Januari 1943 menyebut becak diperkenalkan dari Makassar ke Batavia Akhir 1930-an. Ini diperkuat dengan catatan perjalanan seorang wartawan Jepang ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Makassar. Dalam catatan berjudul “Pen to Kamera” terbitan 1937 itu disebutkan, becak ditemukan orang Jepang yang tinggal di Makassar, bernama Seiko-san yang memiliki toko sepeda. Karena penjualan seret, pemiliknya memutar otak agar tumpukan sepeda yang tak terjual bisa dikurangi. Dia membuat kendaraan roda tiga, dan terciptalah becak.

 Becak berasal dari Bahasa Houkuen “ Be Chia” yang berarti kereta kuda, yang bukan Cuma ditemukan di Indonesia namun juga sebagian besar Negara di Asia. Masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya pada awal abad ke-20 yang diperuntukkan untuk  keperluan pedagang Tionghoa mengangkut barang. Di tahun 1937, demikian tertulis dalam Star Weekly, becak dikenal dengan nama "roda tiga" dan kata betjak/betja/beetja baru digunakan pada 1940 ketika becak mulai digunakan sebagai kendaraan umum.

Jumlah becak di Indonesia mulai meningkat pada tahun 1942 pada masa pemerintahan Jepang, karena control Jepang terhadap penggunaan bensin sangat ketat dan pada waktu itu adanya larangan kepemiliakn kendaraan pribadi dan becak adalah alternative satu-satunya, modal ternsportasi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Pasca perang keberadaan becak semakin membengkak terutama di Jakarta, pada tahun 1966 jumlah becak mencapai 160 ribu. Pada masa pemerintahan Gubernur Jakarta Ali Sadikan mulai melarang pengoprasian becak terutama di jalan-jalan raya karena becak dapat menyebabkan kemacetan. Hingga pada saat sekarang ini keberadaan becak sudah mulai punah. 

                Walaupun keberadaaan becak sudah jarang ditemukan akan tetapi kendaraan roda tiga ini pernah menjadi kendaraan yang diidolakan di Indonesia karena Becak adalah kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan folusi udara.

 

 

ronny398
ronny398 memberi reputasi
1
427
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan