Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ekordntAvatar border
TS
ekordnt
Sang Pejuang Islam di Tanah Nasrani Pujiharjo Tirtoyudo

Foto bersama

Situasi pandemi tak membatasi pelajar IPNU IPPNU untuk tetap melakukan pembelajaran, senantiasa berjuang dan meningkatkan ketaqwaan. Rombongan PAC IPNU IPPNU Kecamatan Pujon berkehendak melakukan sharing dan study banding ke daerah Tirtoyudo tepatnya di desa Pujiharjo yakni ke pantai Sipelot, pantai yang cukup familiar bagi warga nelayan dan warga sekitar Dampit, Tirtoyudo dan Ampelgading.

Perlu waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai ke desa pujiharjo dari kawasan dampit, ditemani dengan medan yang cukup membuat badan pegal bagi pengendara motor, karena medan yang berliku dan curam.

Sebagai tuan rumah, PAC IPNU IPPNU Tirtoyudo telah mengkonsep sedemikian rupa agar acara terlaksana dengan mulus dan membawa manfaat. Sebelum berangkat ke pantai semua rombongan termasuk 26 personil dari pujon 2 dari dampit dan beberapa dari tirtoyudo terlebih dahulu dikumpulkan ke kediaman Ketua IPPNU PAC Tirtoyudo, setelah itu sekitar pukul 22:00 kami berangkat.

Sekitar 1,5 jam perjalanan akhirnya kami sampai di pantai Sipelot dengan Selamat. Sambutan hangat dari penduduk desa dan Beberapa anggota Banser dan Ketua Ansor sebagai bentuk penyambutan selamat Datang atas Sesama Saudara NU dimanapun berada.

Setelah kami datang, kami berkumpul di sebuah masjid yang berada disekitar pantai sipelot. Acara dikonsep untuk sharing, yaitu salah satu kisah inspiratif datang dari Bapak Syafi'in dan Bapak ketua Ansor yang telah 'babat alas' membangun daerah pujiharjo sehingga jika di kalkulasikan penduduk muslim di Desa ini mencapai 35% selebihnya adalah nasrani, banyak pula kisah manis pahit yang beliau-beliau alami akhirnya beliau berhasil mendirikan lembaga islam yang bernotabe pendidikan.

Pak syafi'in yang merupakan salah satu tokoh agama disana merupakan dalang real dalam rangka memperjuangkan islam di desa ini, beliau berhasil mengajak salah seorang pereman elite dan terkemal yang kini telah menjadi ketua Ansor NU. Selama 14 tahun perjuangan beliau-beliau membawakan hasil dan kini berbagai kegiatan keislaman mulai dari sholawat rutin Riyadlul Jannah mulai berjalan yang sebelumnya untuk menjalankan sholat saja telah mendapatkan intimidasi dari warga setempat.

Beliau berdua sendiri adalah warga pendatang, yang berasal dari demak dan madura, semoga beliau selalu panjang umur sehingga dapat melakukan syiar-syiar islam ke berbagai pelosok desa.

Singkat cerita, rombongan IPNU IPPNU melakukan makan-makan dengan menu makan khas orang pantai yaitu ikan bakar dan sambung pendirian tenda untuk istirahat.

Esoknya, kami menikmati udara pantai, tadabur alam dan menikmati nikmat Allah swt. Pukul 14:00 kami berangkat pulang setelah melakukan sharing keorganisasian PAC yang mencangkup PAC Tirtoyudo, Dampit dan Pujon. Sungguh luar biasa pengalaman yang didapat dari masing-masing PAC ini. Semoga kesemuanya mendapatkan keberkahan.


Aamiin...
Salam belajar, berjuang, bertaqwa
Diubah oleh ekordnt 03-07-2020 15:05
ningdidien
ningdidien memberi reputasi
1
1.7K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan