Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Penjelajahan Amerigo Vespucci, Penjelajah yang Mempengaruhi Nama Benua Amerika


Hello GanSis selamat beraktivitas, bagi yang sudah bekerja seperti biasa semangat ya GanSis, bagi yang belum vaksin dan yang ga bisa vaksin tetap jaga kesehatan dan keluarga ya, karena memang Pandemi belum berubah statusnya menjadi epidemi di Indonesia. Tapi semoga virus ini lekas selesai dan kita bisa kembali hidup normal. Kali ini kreator ingin berbagi pengetahuan baru, yang harapannya sih bisa nambah wawasan GanSis yang membaca sama kreator juga sebagai penulis thread ini.


Thread krator kali ini masih datangnya dari benua Amerika yakni mengenai penjelajahan awal Amerigo Vespucci yang akhirnya mempengaruhi nama benua Amerika. Buat GanSis yang mungkin sudah mengenal dan pernah membaca sejarah bagaimana Eropa sampai ke benua ini dan siapa pertama kali yang berlabuh di benua Amerika, inilah kisah sejarahnya Amerigo Vespucci, tokoh yang berpengaruh dalam penjelajahan benua Amerika.

Sejarah Amerigo Vespucci Kreator mulai dari asal muasal beliau terlebih dahulu ya GanSis. Amerigo Vespucci beliau lahir pada 9 Maret 1454 di kota Florence, Italia. Amerigo merupakan anggota Vespucci, sebuah keluarga yang cukup berpengaruh dan punya hubungan dekat dengan keluarga Medici, sang keluarga penguasa Italia selama 300 tahun dan merupakan salah satu keluarga terkaya di abad pertengahan. Amerigo saat masih muda menyenangi buku dan peta sehingga ia cukup menguasai ilmu astronomi dan kartografi, mungkin dari ketetarikan dia ini menjadikan beliau penjelajah dunia kali ya GanSis.


Sumber Gambar

Amerigo saat dia dewasa bekerja sebagai Bankir di bisnisnya keluarga Medici, lalu dia diangkat menjadi supervisor di bisnis perkapalan Medici. Perusahaan perkapalan ini yang merupakan penyedia kapal bagi Christopher Colombus. Pada tahun 1496, Amerigo bertemu langsung dengan Colombus dan berdiskusi mengenai penjelajahan dunia baru. Dari sini GanSis cikal bakal Amerigo Vespucci berminat untuk memulai penjelajahan dunia baru menjadi sangat tinggi. Penjelajahan pertama Amerigo masih menjadi tanda tanya saat ini. Ada beberapa sumber menyebutkan ditemukan sebuah surat tahun 1497 yang masih diragukan keasliannya, yang mengklaim bahwa Amerigo menjelajahi pesisi Amerika Tengah.

Sebenarnya penjelajahan Amerigo yang resmi dan terkonfirmasi dan dianggap valid adaah pada tahun 1499, ketika ia menjelajah bagian utara Amerika Selatan dan masuk ke Sungai Amazon. Kemudian ia menamainya "Teluk Gangga". Sama seperti Colombus, Amerigo juga mengira bahwa ia sedang menjelajahi benua Asia. Momen pencerahan Amerigo adalah tahun 1501 saat ia menjelajahi sungai Rio de Jeneiro dan Rio De La Plata. Amerigo saat itu curiga kenapa daerah yang di jelajahi tidak terlalu mirip dengan deskripsi Asia pada bukunya Marco Polo. Amerigo juga menyadari bahwa orang-orangnya mempunyai karakter berbeda, berbeda letak astronomisnya, berada di geografinya dan sebagainya. Amerigo lalu menjelajah ke Tierra Del Fuego dan tiba di ujung dari Amerika selatan.


Sumber Gambar

Pada titik ini Amerigo sadar bahwa ini bukan benua Asia, ini adalah sebuah benua baru. Setelah penjelajahan 1501, sepertinya Amerigo melakukan penjelajahan lainnya, namun dengan catatan yang kurang jelas. Tahun 1505 Amerigo menjadi warga negara Spanyol. Tahun 1508 Amerigo diangkat menjadi kepala pelaut Spanyol GanSis setelah keberhasilannya menemukan benua baru. Amerigo meninggal pada 22 Februari 1512 karena penyakit malaria di Spanyol. Walau begitu, Amerigo ini tetap dikuburkan di tanah kelahirannya yaitu di Florences, GanSis hal ini merupakan bentuk penghormatan Kerajaan Spanyol saat itu kepada Amerigo dengan menguburkan jasadnya di tempat kelahirannya di Italia.

Kemudian GanSis penamaan Amerika inipun diambil dari nama sang penjelajah pertama yankni Amerigo. Kartografer bernama Martin Waldseemuller menamai benua baru dengan nama "Amerika" pada tahun 1507, diambil dari bentuk feminim Amerigo. Waldseemullert merasa bahwa Amerigo adalah penjelajah hebat yang berjasa menemukan benua ini. Awalnya nama Amerika hanya berlaku untuk bagian Amerika selatan saja walau akhirnya nanti bagian Amerika utara di peta juga dinamai Amerika. Peta Waldseemuller pun akhirnya bereda luas dengan nama Amerika yang tercantum digambar wilayah dunia baru. Waldseemuller kemudian merasa ingin mengganti nama benua baru tersebut dengan nama lain, namun peta Walseemuller dan nama benua Amerika sudah terlanjur dikenal luas. Maka sampai sekarang, nama benua Amerika masih dikenal hingga saat ini.


ilustrasi peta Waldseemuller. Sumber Gambar.

Nah GanSis itulah sedikit kisah bagaimana nama benua Amerika muncul, serta bagaimana semangat bangsa eropa untuk menemukan dunia ketiga lewat penjelajahan yang akhirnya nanti berujung pada penjajahan dengan prinsip 3G (Gold, Glory and Gospel), dan ini merupakan awal kebangkitan dunia barat setelah melewati masa Dark Age yang cukup lama.

Demikian ya GanSis thread TS kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu di thread selanjutnya semoga GanSis dan kreator mendapatkan wawasan baru tentang sejarah dunia khususnya Amerika yang jarang diceritakan.

Sekali lagi TS ucapin terimakasih bagi GanSis yang sudah membaca thread TS, dan mohon maaf kalau ada penulisan yang salah atau typo
emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Agan



Spoiler for Sumber dan Referensi:



bo.mat
bruce12345
phyu.03
phyu.03 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan