Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

myfeedAvatar border
TS
myfeed
Gunung Padang, Situs Terbesar di Dunia yang Simpan Banyak Misteri
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia mempunyai banyak sekali situs bersejarah dan tersebar di mana-mana. Salah satu situs yang selalu menarik banyak perbincangan akhir-akhir ini adalah Gunung Padang. Situs satu ini memiliki banyak misteri di dalamnya dan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang situs ini, bisa simak ulasan berikut. 

Arti dari nama Gunung Padang 

Via: CNN Indonesia

Ada arti di balik nama situs ini. Padang mempunyai makna terang benderang. Akan tetapi, ada pengertian lain yang menyebutkan jika Pa merupakan tempatDa berarti besar atau agung, dan hyang yang artinya leluhur. Apabila disatukan maka mempunyai arti tempat agung para leluhur. 

Lokasi Gunung Padang 

Via: Merdeka

Banyak yang mengira bahwa situs ini terletak di Padang karena namanya. Padahal, Gunung Padang ini terletak di Kampung Cipanggulan, Kelurahan Karya Mukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat bersejarah ini disebut-sebut sebagai situs megalitikum yang paling tua di dunia. Bahkan, tempat ini juga dikatakan sebagai situs yang terbesar di dunia lantaran mempunyai luas sebesar 900 meter persegi yang mana mengalahkan besarnya piramida

Kisah situs pertama kali ditemukan 

Via: Liputan6

Situs ini pertama kali ditemukan oleh Nicolaas Johannes Krom pada tahun 1914. Ia melaporkan bahwa pada bagian puncak situs terdapat empat teras yang tersusun dari batuan andesit dan batu kasar yang berbentuk lingga atau batu tegak. Kemudian, situs ini ditemukan kembali pada tahun 1979 oleh warga setempat yang melaporkannya langsung ke pemerintah setempat. 


Selengkapnya di gunung padang
0
577
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan