Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hantupuskomAvatar border
TS
hantupuskom
Saksi: Robin Eks KPK Sebut Kasus Tanjungbalai Diurus Taliban


Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, M. Syahrial, mengaku pernah mendapat informasi dari mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), AKP Stepanus Robin Pattuju, perihal tim yang menangani kasus dugaan korupsi lelang jabatan di Tanjungbalai yang melibatkan dirinya adalah tim Taliban.

Demikian disampaikan Syahrial saat menjadi saksi untuk terdakwa Stepanus dan Maskur Husain di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (11/10).

"[Terdakwa Robin] pernah sampaikan inisial penyidik kasus saksi? Atau istilah penyidik pernah disampaikan?"ujar jaksa KPK, Heradian Salipi.

"Di kasus saya saat itu disebutkan Taliban pak, 'Taliban ini'," jawab Syahrial.

Stepanus dan Maskur Husain diadili karena didakwa telah menerima suap dari Syahrial untuk membantu menghentikan penyelidikan kasus dugaan korupsi lelang jabatan di Tanjungbalai. Namun, perkara itu tetap diproses KPK hingga menetapkan Syahrial sebagai tersangka.

Adapun tim penyidik KPK yang menangani kasus dugaan korupsi lelang jabatan ini adalah Novel Baswedan Cs. Saat menangani perkara itu, Novel Cs menemukan bukti keterlibatan Stepanus yang menerima suap dari Syahrial. Atas dasar itulah, Stepanus diseret ke muka persidangan dan dipecat dari KPK.

Dalam persidangan ini, Syahrial menyatakan tidak mengetahui siapa saja penyidik yang masuk ke dalam 'tim Taliban' tersebut.

"Yang tangani 'tim Taliban', diterangkan enggak sama terdakwa siapa?" tanya jaksa.

"Dibilangnya taliban lah, sulit ini masuknya," jawab Syahrial.

Dalam perkara ini, Stepanus bersama Maskur Husain didakwa menerima hadiah atau janji berupa uang dengan jumlah keseluruhan Rp11.025.077.000dan US$36ribu.

Total uang itu diterima Stepanus dan Maskur dari beberapa pihak terkait dengan lima perkara korupsi yang ditangani lembaga antirasuah. Dua di antaranya dari Syahrial dan mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

(ryn/DAL)

Sumur:
cnnindonesia.com

artikan sendiri tim taliban yg diblg itu apa
emoticon-Traveller
Diubah oleh hantupuskom 12-10-2021 07:08
pakisal212
pakisal212 memberi reputasi
1
1.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan