Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dr.perbaikanAvatar border
TS
dr.perbaikan
Indomie Diakui Jadi Mie Instan Terenak, Begini Kisahnya hingga Mendunia



Indomie Goreng menjadi mie instan terbaik versi New York Magazine atau NY Magz. Ada dua varian yang masuk daftar terbaik, pertama Indomie goreng original kedua varian mie goreng BBQ chicken.

Hal itu menandakan Indomie sangat populer di mancanegara. Tidak hanya itu, Indomie goreng juga masuk ke dalam peringkat mie instan terbaik di dunia versi media Australia hingga Ramen Rater.

Tapi siapa sangka, Indomie yang kini populer di seluruh dunia merupakan produk dari perusahaan Soedono Salim, orang miskin asal China yan hijrah ke Indonesia. Indomie merupakan produk dari Salim Group melalui perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood).



Sebelumnya, Salim atau yang akrab disapa Om Liem ke Indonesia, masa kecilnya hidup dengan sangat kekurangan. Terbukti dirinya terpaksa harus putus sekolah pada usia 15 tahun dan berjualan mie di sekitar tempat tinggalnya. Om Liem lahir di Fuqing sebuah desa kecil di wilayah Fujian, China bagian selatan pada 16 Juli 1916.

Kemiskinan itulah yang mendorongnya hijrah ke Indonesia, mengikuti jejak sang kakak yang sudah terlebih dahulu tiba di Tanah Air. Om Liem tiba di Indonesia pada tahun 1939, ketika dimulainya Perang Dunia II.

Berjalannya waktu Indofood makin sukses dengan sejumlah rintangan. Indomie produksi Indofood juga makin merajalela di mana mana. Bahkan sampai ke manca negara, meskipun kini Om Liem sudah tutup usia.



Mie instan sendiri pertama kali dikenalkan dan dipasarkan di Jepang pada tahun 1958. Mi ini cepat diterima oleh masyarakat Jepang karena praktis dan rasanya yang enak.

Tak lama kemudian, popularitas menyebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia. Mie instan merek Indomie diluncurkan pada tahun 1971. Kala itu hanya tersedia rasa kaldu ayam.

Racikan khas dari Indomie itu dibuat oleh seorang bernama Nunuk Nuraini. Tetapi dia sudah meninggal dunia di usia 59 tahun pada Rabu (27/1/ 2021).



Nunuk Nuraini bekerja hampir 30 tahun di ICBP yang merupakan divisi mie instan. Dia merupakan lulusan Universitas Padjadjaran jurusan Teknologi Pangan.

Dalam situs Indomie disebut, produk ini telah hadir di 80 negara di dunia. Negara-negara itu seperti Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Asia, Eropa, Timur Tengah bahkan hingga Afrika.

Pada pemberitaan detikcom 2 Juni 2017 lalu, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Thomas Tjhie menyebut, salah satu penjualan Indomie terbesar ada di Afrika, khususnya di Nigeria. Di sana, Indomie menguasai pasar hingga 70%.

Kepopuleran Indomie tidak sampai di situ, Indomie juga resmi mejeng di Toko Online Jack Ma, mulai 2018 lalu. Hal itu bisa terjadi karena Alibaba Group dan Pemerintah Indonesia resmi meluncurkan Paviliun Indonesia di platform Tmall Global menjelang festival belanja terbesar di dunia, 11.11 Global Shopping Festival.



Tmall Global adalah platform dalam Tmall yang didedikasikan untuk membantu merek-merek dan pengusaha ritel internasional agar dapat menjangkau konsumen di China tanpa harus memiliki toko operasional di China.

Indonesia merupakan negara terbaru yang hadir di Tmall Global dengan beragam produk uniknya. Negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Jepang, Selandia Baru, Spanyol, dan Amerika Serikat juga telah bergabung dalam Tmall Global.

Semakin populernya Indomie di seluruh dunia, induk produksi Indomie PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) kantongi laba Rp 1,73 T, atau naik 23%. Selain itu, perusahaan juga membukukan kenaikan penjualan neto konsolidasi sebesar 27% menjadi Rp 24,55 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 19,30 triliun.


https://finance.detik.com/berita-eko...dunia?single=1


jazzcoustic
five.5
delfatesting260
delfatesting260 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.8K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan