Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Jika Murid Menuntut Ilmu Kepada Guru, Kemana Guru Akan Menuntut Haknya?


SELAMAT HARI GURU, 6 OKTOBER 2021



[ HT# 809 ]

Sebaik-baik manusia adalah menjadi orang yang bermanfaat bagi dirisendiri dan orang lain. Untuk menjadi orang yang baik tentu harus belajar, dan jika sudah menjadi orang baik maka menurunkan ilmu kepada murid bukan sekedar kewajiban, tapi amalan yang kelak dipertanggung jawabkan.

Kalimat paragraph diatas saya dapatkan dari guru saya, dan waktu itu membuat saya berfikir panjang untuk merenungkan dan menerjemahkan isi maksud yang disampaikan oleh beliau.

Ketika kita masih seorang anak, menuntut ilmu adalah sebuah keharusan yang terus di dorong oleh orang tuanya agar kelak si anak memiliki masa depan yang cerah, bahagia, dan bisa menjadi kebanggaan kedua orangtuanya.



Tuntutan ilmu yang harapkan dari seorang murid pun menjadi sebuah kewajiban bagi seorang guru. Yang tidak tahu jadi tahu, yang gelap menjadi tercerahkan, yang sempit jadi pemahaman, yang berbelok maka diluruskan, itulah tugas guru kepada muridnya.

Saking mulianya seorang guru, banyak dihormati dan disegani para tokoh-tokoh besar. Siapapun mereka yang telah menimba ilmu dari gurunya tentu akan dibawa sampai mati. Jasa dan pahala yang diterima guru tidak terputus sampai disitu. Pahala guru akan terus diterima dari ratusan murid lain yang datang menemuinya.



Wahai para murid, kamu boleh saja menuntut ilmu sampai ke negeri China, sampai ke ujung bumi, tapi tanpa adanya guru yang membimbingmu maka ilmu yang ingin kamu dapatkan jadi lebih banyak waktu yang dibutuhkan dan lebih banyak berkorban daripada seharusnya.

Jadi ketika murid sudah menerima ilmu dari gurunya lalu kemana guru akan menuntut hak-haknya? Ingat, guru juga seorang manusia yang pernah melakukan kesalahan, memiliki kebutuhan, dan kewajiban yang harus dipenuhi.



Profesi guru adalah profesi yang mulia, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Guru sejati dan berkualitas adalah guru yang dengan iklas menurunkan ilmunya kepada murid-muridnya. Guru tidak pantas menuntut atau mencari imbalan, karena sudah menjadi kewajiban muridnya untuk memberikan tanda terimakasih dan peduli dengan kehidupan gurunya.

Guru tidak selalu ada disekolah, dirumah sendiri, dilingkungan tempat tinggal, di tempat pergaulan, di alam bebas kita bisa belajar dari manapun itu. Guru terbaik adalah pengalaman diri sendiri tapi guru disekolah menjadikan kita manusia yang lebih mulia juga bermartabat dan ... TAMAT.






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 05-10-2021 22:44
penyukabiru
garpupatah
Aramina
Aramina dan 25 lainnya memberi reputasi
26
4.8K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan