zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Tak Hanya Durian, 3 Jenis Buah Khas Kalimantan Ini Sangat Mirip Dengan Durian
Buah-buahan kerabat durian




Hai, sahabat kaskus ....

Apa kabarnya? Tak terasa hari ini sudah masuk di akhir pekan. Tak ada salahnya di waktu luang ini agan sista memanjakan lidah dengan buah-buahan yang segar.

Buah-buahan yang bisa dikonsumsi tentu banyak ragamnya. Namun tak ada salahnya jika kita mencintai kekayaan alam negeri sendiri contohnya mengonsumsi buah-buahan lokal alias endemik Indonesia.


Nama buah Durian mungkin sudah tak asing di telinga kita, buah dengan ciri khas bau harum yang kuat dan cangkang yang berduri ini bisa ditemui di wilayah asia tenggara. Konon durian diambil dari kata duri yang mana buah ini memiliki lapisan mirip duri di bagian luar.

Quote:


Jenis-jenis kerabat durian di bawah ini ternyata enak loh! Yuk check this out
:

1. Buah lahung


Daging buah lahung

Durian yang bernama latin Durio dulcis ini memang family dari durian yang sudah dikenal diperjualbelikan yakni Durio zibethinus. Aroma dan bentuknya mirip banget gansis.

Nah bagaimana bedanya dengan durian asli? Buah lahung ternyata memiliki warna daging buah yang agak disebut sebagai durian lahung karena kemiripannya dengan buah beraroma khas itu. kulit dan duri yang dimiliki buah lahung berwarna merah dan berbau tajam. Durinya juga lebih tajam dan lancip. Daging buahnya ini tebal, lembek, halus, dan berlemak.


Duri buah lahung

Lahung adalah buah endemik pulau Kalimantan. Dari mulai sabah (negara bagian malaysia) hingga setiap provinsi di Kalimantan. Kebanyakan memang habitatnya di hutan pedalaman. Di Kalimantan barat disebut tembranang.

2. Buah Kerantungan

Ā 

Daging buah kerantungan


Buah yang bernama latin Durio oxleyanus ini dikenal berasal dari Kalimantan timur. Dan kini menyebar ke seluruh Indonesia. Ada yang menyebut
Kerantungan
Kerantongan
Krantungan
Mahrawin
Teratungan

Ciri-ciri buah kerantungan:


Buah kerantungan

Ukuran buahnya lebih mungil dibandingkan dengan durian asli. Bentuk buah bulat dengan duri warna hijau berbeda dengan Durian yang berwarna lebih kekuninan. Durinya lebih panjang namun tidak tajam. Daging buahnya hanya berisi 1 atau 2 biji saja. Dan teksturnya lebih padat.


3. Buah Lai


Daging buah lai

Buah yang satu ini adalah impian saya sewaktu ngidam dan tidak keturutan alias tidak terlaksana akibat tak diperbolehkan dibawa di pesawat šŸ˜‚. Kebetulan ada teman saya yang akan pulang ke bandung dan saya nitip beli dan ternyata tak kesampaian. Malah kesampaian beli sesudah anak besar.

Buah Lai atau elai bernama latin Durio kutejensis. Penamaan ini diberikan karena habitat yang awal ditemukan adalah di daerah Kutai. Buah memiliki warna yang menarik lebih cenderung oranye kemerahan atau oranye tua dibanding teman-temannya yang berwarna kuning terang.


Buah lai

Rasanya memang tak terlalu manis dan baunya tidak setajan durian. Bentuknya lebih kecil dari durian. Sangat cocok untuk penyuka durian yang tak suka bau durian berlebihan.

Bagaimana gansis? Tertarik untuk memilih buah-buahan lokal dari kerabat durian ini? Pasti seru menjelajah rasa dan keanekaragaman hayati yang menjadi anugerah alam untuk kita.

Sampai jumpa di thread selanjutnya. Happy reading ....

Opini pribadi
Referensi: Wikipedia
Gambar: grup Facebook Biodiversity Indonesia


anggrekbulan
BMAGLY
betiatina
betiatina dan 30 lainnya memberi reputasi
31
10.5K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan