Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alexstewartAvatar border
TS
alexstewart
Manga "Shuumatsu no Valkyrie : Record of Ragnarok" Teori dan Pembahasan
Konten Sensitif


Manga yang bergenre Action, Martial Art, Fantasy, Supernatural, Shounen ini bercerita tentang 13 manusia pilihan yang harus bertarung melawan 13 Dewa terkuat untuk menyelamatkan kehidupan umat manusia selanjutnya ini sangat layak untuk kamu ikuti. Nah, kali ini TS akan menjelaskan beberapa teori dari TS sendiri yang ada dalam manga ini. Simak terus ya!

1. Mengangkat Kisah Mitologi Ragnarok 
Konten Sensitif



Nah, seperti yang kita tahu, untuk menghindari adanya kiamat atau doomsday yang diberikan para Dewa kepada umat manusia setiap seribu tahun, Brunhilde, selaku Valkyrie tertua mengajukan ide untuk diadakannya Ragnarok. Dia akan memilih 13 manusia pilihannya yang akan melawan 13 Dewa terkuat. Tidak hanya itu, para Valkyrie lainnya yang juga berjumlah 13 turut membantu dengan cara mengubah diri mereka menjadi Volund, senjata bagi para manusia. Kisah Ragnarok sendiri berasal dari mitologi Nordik, Ragnarokmerupakan perang penentuan antara ras raksasa dan ras dewa yang telah terpupuk selama ratusan bahkan mungkin ribuan tahun. Semua kebencian yang telah ada sejak dunia pertama kali diciptakan oleh para dewa akan berakhir di sini. Perang ini dipicu oleh Loki

Salah satu karakter Dewa yang muncul di dalam Manga adalah Loki. Namun ia belum nampak untuk diturunkan ke arena. Jika memang cerita dalam manga ini didasarkan pada kisah mitologi Nordik, maka dalang dalam Ragnarok sebenarnya adalah Loki, bukan Brunhilde. Dan jika memang cerita ini mengangkat kisah Ragnarok, maka di akhir Ragnarok para Dewa akan bekerja sama dengan Einherjar dan Valkyrie untuk mengalahkan Loki dan sekutunya. Jadi jika itu benar, kemungkinan besar para ras manusia akan bekerja sama dengan para Dewa demi menghentikan Loki. 

2. Membawa Sifat Asli Dewa dan Para Manusia 




Manga 
ini seperti menunjukkan sifat asli dari masing-masing karakter di dunia nyata. Contohnya saja Loki, God of Mischief, yang dapat merubah dirinya ke macam-macam bentuk untuk mengelabuhi musuh. Ada juga Adam, sebagai manusia pertama ciptaan Tuhan, juga sabagai "ayah" bagi umat manusia, ia merasa bertanggung jawab untuk menyelamatkan umat manusia karena semua manusia adalah anak-anaknya. Ada juga ShivaGod of Destruction, yang pasti tidak akan segan untuk melawan musuh-musuhnya. Juga Jack the Ripper, sang pembunuh berantai, ia sangat cerdik dan lihai, ia juga berkali-kali lolos dalam pengejaran polisi dan sampai saat ini tidak diketahui pasti siapa dirinya, ia menggunakan akalnya juga untuk mengelabuhi musuh. 

3. Ras Manusia Dibangkitkan Disaat Kondisi yang Paling Prima


Untuk melawan para Dewa, maka umat manusia yang bertarung akan dibangkitkan di kondisinya yang paling prima. Seperti Lu Bu dan Raiden Tameemon yang dibangkitkan di masa mudanya, Adam yang dibangkitkan sesaat setelah ia diciptakan. Adapun kasus seperti Kojiro Sasaki yang dibangkitkan dengan wujud tua, padahal di aslinya ia meninggal saat masih muda. Hal itu dikarenakan kemampuan Kojiro Sasaki masih terus berkembang hingga sampai ia meninggal. Lalu ada juga Souji Okita yang dibangkitkan dengan wujud yang sangat muda (mungkin umur belasan), dikarenakan Souji Okita yang asli di dunia nyata mati muda karena sakit pada umur 24/26 tahun. Ia dibangkitkan di Ragnarok saat ia masih sehat dan bugar, yang berarti ia mengambil wujud di umurnya kurang dari 24 tahun.

4. Pertarungan Antara Ras Manusia Dan Dewa Adalah Persamaan Dan Kebalikan Dari Kedua Belah Pihak!


Pertama-tama kita melihat pertarungan antara Lu Bu VS Thor, lalu Adam VS Zeus, Sasaki Kojiro VS Poseidon, Jack the Ripper VS Heracles, Raiden Tameemon VS Shiva. 

Dari pertarungan pertama kita disuguhkan oleh kedua karakter yang mengklaim dirinya adalah yang terkuat di ras masing-masing (persamaan). Lalu pertarungan kedua Adam yang membenci para Dewa, sedangkan Zeus yang membenci umat manusia terutama Adam (persamaan). Juga pertarungan antara Jack the Ripper sang pembunuh berantai yang banyak melakukan hal-hal keji harus melawan Heracles yang menjungjung tinggi kebajikan dan keadilan (kebalikan). Kita semua disuguhkan oleh pertarungan yang masing-masing karakternya adalah persamaan dan kebalikan dari lawannya.

5. Cover Mencurigakan Dari Brunhilde dan Hermes


Cover yang menunjukkan Brunhilde dan Hermes yang sedang berhadap-hadapan ini memiliki spekulasi banyak fans. Covernya sendiri rilis di Chapter 20 yang masih menceritakan pertarungan Adam melawan Zeus. Banyak fans yang bertanya-tanya arti dari cover dan berspekulasi, diantaranya adalah Hermes yang bukan Dewa dalam list di gambarkan bersama dengan Brunhilde sang Valkyrie, ditambah itu posisi gambar seperti Hermes di pihak Dewa dan Brunhilde di pihak manusia. Para fans juga berspekulasi bahwa Hermes nantinya akan turun ke arena menggantikan salah satu Dewa yang sengaja atau tidak akan mundur dari pertarungan.

6. Tidak Ada Dewa Dan Manusia Wanita Yang Turun Ke Arena 


Para Dewa dan manusia yang ikut bertanding diketahui semuanya adalah laki-laki. Cukup aneh memang bila syarat utama mengikuti Ragnarok adalah yang terkuat dan terbaik di rasnya mengingat ada beberapa pejuang wanita yang kuat seperti Tomoe Gozen yang seorang samurai wanita, ataupun Athena, Goddes of War, Daughter of Zeus malah tidak ditampilkan dalam manga.

7. Adam Dan Jack The Ripper Masih Karakter Terfaforit 
Konten Sensitif


Pilihan karakter terfaforit oleh para fans saat ini adalah Adam dan Jack the Ripper. Para fans memilih Adam sebagai karakter favorit mereka karena sifat Adam yang kebapakan juga sangat bertanggung jawab, bukan hanya sebatas keluarga, melainkan umat manusia yang notabene adalah anak-anaknya. Sedangkan Jack the Ripper dipilih menjadi karakter favorit karena kecerdasan, kelicikan, kelihaian yang ia manfaatkan semaksimal mungkin untuk melawan Heracles. JTR yang sebenarnya adalah hanya pembunuh dan tidak memiliki bakat bela diri apapun ini sangat lincah untuk mengatur strategi agar Heracles jatuh ke dalam jebakannya.

8. Prediksi Pertarungan Kelima, Shiva VS Raiden Tameemon 
Konten Sensitif



Pertarungan kelima yang dimulai pada Chapter 30 ini, menurunkan Shivadari ras Dewa dan Raiden Tameemon dari ras manusia untuk betanding. Dewa Shiva sendiri adalah Dewa Pencipta dan juga Dewa Pelebur. Sedangkan Raiden Tameemon adalah pesumo dengan tinggi aslinya 197 cm dan terbesar di Jepang. Raiden ini juga memiliki Volund dari Prudr, yakni tattoo dan kain ikat hitam yang melingkupi tubuhnya.

Entah mengapa pada babak kali ini Shiva yang akan memenangkan pertandingan, ada beberapa poin yang menjadi kemenangan Shiva; pertama, Shiva adalah Dewa Pelebur yang jelas akan sangat mudah menangani musuhnya. Beda dengan Thordan Poseidon yang sejak awal sudah diperlihatkan memakai senjata, kemungkinan besar Shiva akan memakai sihir. Kedua, meskipun Raiden telah memakai Volund Tattoo, kemungkinan Volund nya akan bekerja sebagai penangkal atau sebagai penambah powernya, namun belum berarti akan bisa menangkan serangan Dewa Pelebur itu sendiri.

9. Souji Okita Menjadi Peserta Keenam


Karakter dari ras manusia yang debut berikutnya mungkin adalah Souji Okita. Ia diperlihatkan didalam rumah bersama Kondo Isami dan sedang membicarakan tentang Ragnarok. Dari ucapannya dengan mata yang berapi-api, mudah mengetahui tentang sifat Souji Okita yang haus darah dan mudah terpancing. Di beberapa forum yang gesit membagikan spoiler, diketahui Souji Okita banyak menebas orang tanpa pikir panjang, itu yang mendasari dia memiliki sifat yang haus darah.

10. Beelzebub Masuk Dalam List Dewa



Sebenarnya, masuknya Beelzebub ke jajaran list Dewa yang akan bertarung itu sudah aneh. Mengapa demikian? Karena sesungguhnya Beelzebub adalah iblis. Tidak sembarang iblis, ia bahkan salah satu dari Seventh Prince of Hell, Tujuh Pangeran Neraka yang tentu saja memiliki kedudukan yang tinggi di neraka. Sangat aneh bila ia masuk ke jajaran para Dewa. Sangat tidak mungkin kan Dewa akan bekerja sama dengan Iblis?

Namun ada juga yang mendukung Beelzebub masuk ke jajaran para Dewa. Beelzebub yang adalah Baal sempat dipuja dan 'dijadikan' Dewa oleh beberapa pemeluknya. Maka dari itu Beelzebub dikatakan setara dengan Dewa dan masuk kedalam list.

tyobramantyo
DeDD.
tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
24.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan