Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Mengenal Musamus Dari Merauke, Rumah Semut Raksasa Yang Langka Didunia
Hai gansis ketemu lagi dengan si.jonii nih..

semut makhluk kecil yang kadangkala tidak terlalu diberikan Tempat khusus bagi sebagian masyarakat, keberadaannya terkadang tidak dianggap luar biasa dalam kehidupan, hal tersebut nampaknya tidak berlaku di Kota Rusa sebutan dari kabupaten Merauke Papua.

Quote:
sumber

Musamus, begitulah masyarakat lokal menyebutnya berbentuk gundukan tanah dengan tinggi yang bervariasi bisa mencapai 5 meter bahkan lebih sebenarnya ini lebih tepat dibuat dan dihuni oleh rayap bukan semut, rumah semut ini menjadi salah satu ikon unik dari kabupaten Merauke yang luas wilayahnya mencapai 40.071 kilometer ini. Bentuk rumah semut disini berbeda dan unik dibandingkan rumah semut yang selama ini dikenal masyarakat pada umumnya bentuknya berupa gundukan tanah yang tingginya bisa mencapai 3 hingga 6 meter, jumlahnya pun tidak hanya satu atau dua gundukan tapi ribuan bahkan bisa dibilang jumlah gundukan disini tidak terhitung angkanya.

Quote:
sumber

Tersebar di berbagai sudut wilayah Merauke, rumah rayap ini memang tidak terlihat signifikan di pusat kota, pemandangan unik Ini akan nampak jelas ketika berada di taman nasional wasur, di sepanjang jalan taman tersebutmasyarakat yang melewati ini tidak hanya disajikan pemandangan hijau dan lebatnya pepohonan serta sungai kecil tapi rumah semut juga. Beberapa rumah semut terlihat berdiri tegak di pinggiran jalan dengan tinggi yang bermacam-macam, sampai saat ini memang belum dilakukan riset rumah semut tersebut. Sehingga rumah semut ini tentu menjadi rasa penasaran tersendiri dari segi ilmiah apalagi rumah semut ini hanya berada di 3 wilayah di seluruh dunia yaitu Merauke, Australia dan Afrika. Rumah semut ini dibuat dengan menggunakan campuran dan rerumputan kering sebagai bahan utama dan liur sebagai semen untuk merekatkan nya, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun istana semut ini, yang unik dari museum ini adalah dia memiliki ventilasi berupa lorong-lorong yang dapat melindungi semut dari air hujan dan melepaskan panas ke udara saat musim panas tiba. Hal inilah yang membuat koloni semut dapat bertahan hidup di musamus, meski terlihat hanya sekedar gundukan tanah rumah semut tidak mudah roboh, kokohnya rumah semut ini tidak mudah dihancurkan baik oleh binatang maupun manusia sekalipun.

Terdapat filosofi hidup yang menginspirasi dari rumah semut dengan demikian rumah semut atau yang biasa dibilang musamus dalam bahasa setempat ini dijadikan ikon Merauke bahkan nama musamus ikut disematkan pula pada Universitas Negeri Musamus di Merauke.

Quote:
sumber

Semut itu kecil tapi dengan bekerja sama mereka berhasil membangun gundukan yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya, dari fenomena ini ane terinspirasi untuk menjadikan slogan Merauke yakni Jangan tanya
 kerja tapi lihat hasilnya seperti halnya semut tersebut yang tidak terlihat keberadaannya tapi berhasil membuat bangunan besar bak seorang arsitek dan itulah hasil kerja keras mereka yang tidak pernah diperlihatkan tapi memiliki hasil yang luar biasa, oleh karena itu sangat wajar masyarakat dan pemerintah Merauke terinspirasi atas kehidupan mereka.

Nah, bagaimana menurut gansis sekalian, jangan lupa kasih komentar atau pendapat kalian dikolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa…


Diubah oleh Si.jonii 28-09-2021 03:59
nomib
hammyhamzz
oliviamunn
oliviamunn dan 28 lainnya memberi reputasi
29
6.5K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan