ukhtyfit81Avatar border
TS
ukhtyfit81
Kegiatan yang Jadi Rutinitas di Neundet, Salah Satunya Papajar!
Menyambut Ramadhan



Tradisi atau kegiatan sebelum ramadhan tiba pastinya berbeda-beda ya di setiap daerah, yang pastinya setiap daerah mempunyai kegiatan menjadi khasnya di daerah masing-masing.

Nah di daerah ane juga selalu ada kegiatan yang dilakukan sebelum ramadhan atau menyambut datangnya bulan penuh keberkahan.

Karena bulan Ramadhan ini cuma datang satu tahun sekali maka tidak heran kalau seluruh umat islam begitu antusias menyambut Bulan Ramadhan bulan mulia dari seribu bulan. Bulan #RamadhanBerkah penuh rahmat.

Kegiatan menyambut bulan Ramadhan selalu di lakukan setiap tahunnya. Dengan begitu menjadi ciri khas dan kegiatan rutin yang tidak boleh di tinggalkan. Dan pastinya di setiap kampung atau daerah berbeda-beda cara penyambutannya.

Begitupun di daerah ane tepatnya di bandung,di sini juga antusias menyambut ramadhan begitu besar, seperti melakukan kegiatan-kegiatan yang selalu rutin dilakukan, apa saja kegiatannya, Kegiatan yang jadi rutinitas di neundet, salah satunya Papajar!

1. Keramas/Susuci



Sehari sebelum ramadhan biasanya di sini mandi /keramasan, karena datangnya bulan suci yang penuh keberkahan dan mulia, jadi diri kita juga harus suci terbebas dari kotoran yang menempel di tubuh kita. Bukan berarti hari biasa enggak mandi ya. Hhhehe.

Ada doa khusus nya juga untuk keramasan. Biasanya juga doa itu akan di hafalkan sembari pengajian.

2. Papajar/ Makan Bersama



Nah kegiatan ini juga selalu dilakukan seperti ngeliwet bareng keluarga, kerabat dan saudara.
Biasanya sih ngeliwet di luar rumah jadi terkesan nikmat, jadi beda lagi kalo makan di rumah.

Papajar ini bisa di sebut terakhiran makan di waktu siang, jadikan kalo udah bulan puasa gak bisa lagi makan siang, tapi makannya di waktu sebelum fajar.

3. Kerja Bakti Membersihkan Makam



Para warga di sini juga bergotong royong, kerja bakti untuk membersihkan makam, semua makam yang ada di TPU di bersihkan tidak memandang makam siapa, jadi walaupun bukan makam saudara tetap di bersihkan. Karena di sini tidak ada petugas khusus untuk membersihkan makam, jadi setiap datangnya bulan Ramadhan makam-makam di bersihkan oleh semua warga.

4. Ziarah Kubur


dokpri


Ziarah kubur juga selalu dilakukan sebelum ramadhan, berdoa dan mengaji bersama keluarga di dekat makam. Mengirimkan doa untuk mereka yang sudah meninggal.

5. Nadzom



Bersalawat di mesjid atau Nadzom, biasanya anak-anak bersolawat di mesjid menggunakan mik atau toa, sehingga terdengar menggema ke seantero kampung, suasananya jadi hangat dan menenangkan. Nah kebiasaan ini juga berlanjut sampai setiap sore di bulan Ramadhan, jadi sebelum adzan magrib anak-anak bersolawat.

6. Bermain petasan



Kebiasaan Anak-anak sebelum ramadhan tiba mereka akan membeli petasan dan menyalakannya ketika waktu malam datangnya bulan Ramadhan sebagai sambutan betapa senangnya datang bulan mulia.

7. Saling memaafkan



Sebelum Ramadhan tiba kebiasaan di kampung sini saling memaafkan satu sama lain, bersalaman ketika bertemu dan saling meminta maaf atau meminta maaf ke rumah-rumah sambil silaturahmi dengan kerabat, saudara dan tetangga.

Kalau di atas sesuai membersihkan diri kalo saling memaafkan membersihkan hati agar tidak ada dendam yang terpendam. Jadi berpuasa kita Insya Allah mendapat pahala.

Itulah kegiatan-kegiatan menyambut Ramadhan Berkahyang selalu dilakukan gimana dengan daerah kalian, apakah sama atau berbeda?

Kuy berbagi di sini, jangan lupa cendol segar, rate dan share kalo berkenan.

Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih

Sumber: opini pribadi dan 1, 2, 3, 4, 5, 6
Diubah oleh ukhtyfit81 23-04-2021 04:48
novianalinda
suciasdhan
annuu
annuu dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan