harbisindoAvatar border
TS
harbisindo
China Marah Usai Dubes Zheng Dilarang Masuk Parlemen Inggris


Bisnis, JAKARTA - Duta Besar China untuk Inggris dilarang datang ke Parlemen Inggris sebagai pembalasan atas sanksi yang diberlakukan Beijing atas sejumlah anggota parlemen negara itu. Dubes Zheng Zeguang dijadwalkan menghadiri resepsi di  Majelis Rendah Inggris pada hari ini, Rabu (15/9/2021) yang diselenggarakan oleh kelompok anggota parlemen pro-China.

Meskipun keputusan itu diprotes tetapi Ketua  Majelis Rendah  Sir Lindsay Hoyle dan Ketua Majeliis Tinggi Lord McFall mengenyampingkan protes tersebut. Pihak Kedutaan China mengatakan keputusan pelarangan itu adalah keputusan "tercela dan pengecut" yang akan merugikan kepentingan kedua negara sebagaimanna dikutip BBC.com, Rabu (15/9/2021).

Larangan tersebut, pertama kali dilaporkan oleh Daily Telegraph, muncul pada saat ketegangan antara kedua pemerintah sedang meninggi. Pada bulan Maret, China memberlakukan larangan perjalanan dan pembekuan aset pada lima anggota parlemen dan dua rekannya yang dituduh menyebarkan kebohongan tentang negara tersebut. Langkah itu merupakan pembalasan atas keputusan Inggris untuk menjatuhkan sanksi pertamanya terhadap pejabat China, karena dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

Meskipun demikian, kelompok parlemen China masih memutuskan untuk mengundang Zheng ke pesta musim panasnya di paviliun teras Majelis Rendah yang menghadap ke Sungai Thames. Pekan lalu, lima anggota parlemen Partai Konservatif yang diberi sanksi masing-masing Sir Iain Duncan-Smith, Tom Tugendhat, Nusrat Ghani, Neil O'Brien dan Tim Loughton, menulis kepada pimpinan parlemen Inggris untuk menyuarakan keprihatinan mereka.

Dua rekan anggota parlemen yang terkena sanksi, Lord Alton dan Baroness Kennedy, berkirim surat kepada ketua Majelis Tinggi Mereka mengatakan: "Sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah China merupakan serangan tidak hanya terhadap anggota yang ditargetkan secara langsung, tetapi juga terhadap semua komisi dan anggota parlemen dan hak istimewa parlemen.

Baca : Berselang 3 Hari, Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal 

Anggota parlemen Inggris Nusrat Ghani menyambut baik larangan "yang belum pernah terjadi sebelumnya" terhadap duta besar itu. Dia mengatakan kepada BBC News: "Menjatuhkan sanksi kepada anggota parlemen merupakan ancaman langsung bagi Parlemen dan demokrasi kita. Kami tidak akan dibungkam atau diintimidasi oleh rezim mana pun, dan parlemen kami tidak akan menjadi alat propaganda untuk sanksi memalukan dari Partai Komunis China," katanya.

Kedutaan Besar China di London mengecam pelarangan itu. 
Duta Besar Zheng Zeguang sendiri diundang ke resepsi oleh anggota Konservatif Richard Graham, yang memimpin sekelompok anggota parlemen yang ingin membina hubungan baik dengan China. Namun, Ketua House of Commons Lindsay Hoyle melarang kunjungan tersebut dengan mengatakan itu tidak pantas bagi utusan China untuk mengunjungi kawasan Parlemen.

“Jika sanksi itu dicabut, tentu saja ini tidak akan menjadi masalah,” kata Hoyle dalam pernyataan melalui e-mail. "Saya tidak mengatakan pertemuan itu tidak bisa dilanjutkan - saya hanya mengatakan itu tidak bisa terjadi di sini sementara sanksi itu tetap berlaku."

Langkah Hoyle dapat semakin mengobarkan ketegangan dengan Beijing, setelah hubungan Inggris-China yang memburuk dalam beberapa tahun terakhir - terutama akibat kekisruhan di Hong Kong.

"Tindakan tercela dan pengecut dari individu-individu tertentu dari Parlemen Inggris untuk menghalangi pertukaran normal dan kerja sama antara China dan Inggris untuk keuntungan politik pribadi bertentangan dengan keinginan dan berbahaya bagi kepentingan rakyat kedua negara," kata juru bicara Kedutaan China di London.

Pekan lalu, Zheng mendesak pemerintah Inggris untuk memastikan hubungan Inggris-China dengan mencegah tindakan lanjutan. Pembatasan atau sanksi lebih lanjut terhadap China akan kembali menghantui Inggris dan kepentingan nasional negara itu, menurut Zheng dalam konferensi pers.




Diubah oleh harbisindo 15-09-2021 08:35
Skyland999
tepsuzot
eyefirst2
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan