Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Pengumuman! Jokowi Sebut Proyek Penangkal Banjir Jakarta Selesai November


Jakarta - Presiden Joko Widodo mengungkap akan ada 17 bendungan yang diresmikan tahun ini. Termasuk dua proyek penangkal banjir Jakarta, Bendungan Sukamahi dan Ciawi yang akan diresmikan November 2021.

"Kemudian yang kita dapat selesaikan, Bendungan Ciawi bulan November di Jawa Barat, Bendungan Sukamahi di Jawa barat bulan November," kata Jokowi dalam Live Peresmian Bendungan Bendo, di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9/2021).

Mei lalu, Kementerian PUPR mengungkap Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor menjadi bagian dari rencana induk pengendalian banjir (flood control) Jakarta.

Saat itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono optimistis konstruksi Bendungan Ciawi rampung Juli 2021. Namun, nyatanya kedua bendungan itu baru akan diresmikan November mendatang.

Basuki mengungkap ada beberapa tantangan dalam pembangunan proyek kedua bendungan tersebut, yakni pembebasan lahan dan hujan yang kerap terjadi.

"Untuk mengatasinya kami selimuti lahan yang masih dikerjakan saat hujan. Saat tidak hujan baru dipadatkan lagi lapis demi lapis," tutur Basuki, dalam keterangan tertulis, (5/5/2021).

Sementara, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengungkap jika Bendungan Ciawi dan Sukamahi rampung bisa mengurangi banjir Jakarta hingga 24%.

"Bendungan Ciawi dan Sukamahi sebagai bendungan kering akan mengatur mengalirnya debit air di hulu Sungai Ciliwung sebelum ke Bendung Katulampa dan terus ke Jakarta. Dari titik ini diharapkan dapat mengurangi debit banjir hingga 24%," tuturnya.

Bendungan Ciawi direncanakan memiliki volume tampung 6.05 juta m3 dan luas genangan 39.40 hektar. Biaya pembangunannya sebesar Rp 798,7 miliar dengan kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya dan PT. Sacna (KSO).

Bendungan ini didesain untuk mengurangi debit banjir yang masuk ke Jakarta dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendung Katulampa yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung. Rampungnya pembangunan Bendungan Ciawi akan mereduksi banjir sebesar 111,75 m3 per detik.

Sedangkan Bendungan Sukamahi, merupakan proyek yang sudah direncanakan sejak 1990-an. Namun, baru dibangun pada 2017 dan akan diresmikan November 2021. Lahan bendungan ini mencapai 46,7 hektare. Kontrak pembangunannya senilai Rp 464,93 miliar dengan kontraktor pelaksana PT. Wijaya Karya-Basuki KSO.

https://finance.detik.com/infrastruk...004.1609585657

Alhamdulillah.. Akhirnya d penghujung masa jabatan pak anies.. Jakarta bisa bebas banjir.. emoticon-Malu (S)

Pak anies memang luar biasa.. emoticon-I Love Indonesia (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
37sanchi
gabener.edan
BukanFPI
BukanFPI dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.7K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan