Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Apakah Kelingking Kaki Manusia Akan Menghilang Akibat Evolusi?


Menurut Charles Darwin, hewan dan tumbuhan berasal dari satu spesies yang sama. Spesies tersebut mengalami perubahan fisik seiring dengan berjalannya waktu demi menghadapi seleksi alam. Ada beragam jenis dari evolusi seperti cakar yang lebih tajam, leher yang lebih panjang atau kulit yang lebih tebal. Teori ini pun dikenal sebagai teori evolusi Darwin.

Selayaknya hewan dan tumbuhan, manusia juga terbukti berevolusi dari waktu ke waktu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tulang belulang leluhur yang memiliki struktur berbeda dari manusia sekarang seperti rahang yang lebih kuat atau tulang punggung yang bungkuk. Bahkan di jaman modern ini pun bukti-bukti evolusi bisa dilihat dengan jelas.



Contohnya adalah otot telinga. Beberapa orang bisa menggerakkan daun telinga mereka karna adanya otot Auricular namun sebagian besar populasi manusia tak lagi memiliki otot tersebut (jika Kamu bisa menggerakkan telingamu maka Kamu termasuk manusia langka). Otot ini dulunya membantu mamalia untuk mendeteksi lokasi mangsa dengan lebih baik namun manusia jaman sekarang sudah tidak lagi berburu sehingga otot ini jarang digunakan dan akhirnya menghilang.

Manusia beradaptasi dan hal-hal yang tidak diperlukan akan dibuang atau menghilang. Kira-kira bagian tubuh manusia mana yang dirasa tidak ada gunanya atau jarang sekali digunakan? Ada beberapa kandidat seperti usus buntu, gigi bungsu atau tulang ekor namun topik bahasan disini adalah jari kelingking di kaki.

Kira-kira kalian menggunakan kelingking kaki kalian untuk apa? usut punya usut ternyata jari kelingking kaki ini dulunya merupakan bagian penting untuk membantu manusia memanjat pohon sekaligus merupakan bagian penting untuk menjaga keseimbangan tubuh namun sekarang penggunaan kelingking kaki sudah sangat, sangat minim.



Memang benar bahwa jari kelingking kaki masih berperan penting dalam mengatur keseimbangan tubuh namun karna sedikitnya penggunaan pusat keseimbangan mulai diambil alih oleh bagian metatarsal dan tumit sehingga manusia tak lagi bergantung pada kelingking sebanyak dulu. Sama seperti rambut manusia yang semakin lama semakin sedikit, bukan tak mungkin jari kelingking kaki akan semakin dan semakin kecil hingga akhirnya lenyap sepenuhnya. Coba bayangkan, kaki kita cuma dihiasi 4 jari. Untuk sekarang memang aneh tapi di masa depan siapa tahu.

Manusia memang berevolusi. Dalam sepuluh atau seratus ribu tahun lagi siapa yang tahu seperti apa bentuk manusia. Meski demikian evolusi tidak selalu berarti baik, jika salah langkah bisa saja manusia akan ber-devolusi. Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur sumur
Diubah oleh ih.sul 01-09-2021 06:38
jhonsee
andrerain5
pakisal212
pakisal212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.7K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan