Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Jadi Ini Pesaing ZX25R Dari Honda, Sadis Bener



Saat ini Kawasaki ZX25R satu-satunya motor kelas 250cc yang menggunakan mesin 4 silinder. Development sangat total dalam merancang motornya satu ini, bayangin aja mesin berkapasitas 250cc bisa dikemas dalam konfigurasi 4 silinder.

Sebenarnya motor bermesin 4 silinder 250cc sudah pernah ditenarkan oleh masing-masing pabrikan di era tahun 80an hingga 90an akhir. Khususnya oleh pabrikan Jepang, dari Suzuki, Kawasaki, Yamaha sampai Honda punya jagoan motor 4 silindernya sendiri-sendiri.

Namun kembali lagi, di era tahun 80an akhir teknologi motor belum begitu mutakhir. Mereka mengembangkan mesin masih mengandalkan fitur yang basic dan sederhana, dan rata-rata motor 250cc 4 silinder di tahun itu belum ada yang injeksi. Bisa dibayangin seboros apa motornya.

Kembali ke pembahasan, belum lama ini Honda sedang dikabarkan merancang sosok pesaing dari ZX25R yang sepertinya akan mengusung clan nama CBR250RRR.



Bukti tersebut makin diperkuat dengan munculnya paten gambar dari mesin Honda berkonfigurasi 4 silinder hasil unggahan dari media Jepang bernama Kojintekibikematome.

Dari sisi samping gambar, mesin ini bisa dipastikan bakal mengusung teknologi DOHC. itu terlihat dari head yang pendek serta prediksi lain dapat terbaca dari ukuran mesin compact yang kemungkinan juga akan pakai formasi over bore.

Mesin overbore sangat cocok dipakai di motor-motor high rev, karena rotasi mesin bisa melengking hingga belasan ribu RPM dan tenaga yng keluar akan muncul di putaran atas.

Hasil pengamatan desain mesin baru ini, diperkirakan tidak ada yang mirip dengan mesin Honda 4 silinder berkapasitas mungil. Contohnya Honda CB400…artinya mesin pure hasil development baru, termasuk teknologi, desain dan lain-lain.



Sebuah prestasi bagi Honda yang berniat ngeluarin rival ZX25R di tengah-tengah pandemi seperti ini. hasil development yang matang bukan sebuah perkara yang gampang, semua ini didasari oleh budget dan riset pabrikan yang berani.

Terakhir kalau ngomongin soal desain, kita masih belum tahu gambaran calon motor 4 silinder ini akan seperti apa. kita tunggu kabar kelanjutannya.

Referensi : https://warungasep.net/2021/08/18/inikah-gambar-patent-mesin-cbr250rr-4-silinder/
agusrezapratam4
wauwaw
a.n.b.u
a.n.b.u dan 20 lainnya memberi reputasi
21
7.3K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan