cintadineAvatar border
TS
cintadine
Pokemon Tazos Hadir Lagi Sebagai Hadiah Chiki, Nostalgia pun Tak Terhindarkan
Suatu hari yang lalu ane iseng pergi ke minimarket untuk membeli makanan ringan.  Niatnya beli keripik kentang tapi mata malah melirik ke produk yang namanya Chiki Balls. Karena sudah cukup lama ane tidak pernah membelinya lagi ane ambil saja satu dan ane kaget melihat kemasannya. Di sana tertera label khusus yang menginformasikan kalau di dalam kemasan itu ada hadiah berupa Pokemon Coins. Ketika melihatnya, pikiran ane langsung menembus masa sekitar 20 tahun yang lalu. Ketika ane masih bocah SD dan membeli Chiki hanya untuk dapat hadiah Pokemon Tazos. 


Ya, mainan legendaris anak kelahiran 90an itu sudah kembali sebagai hadiah chiki setelah nyaris dua puluh tahun berlalu. Inilah yang dimanfaatkan pihak produsen untuk menjual nostalgia masa anak-anak sekaligus menjadi perburuan para pecinta Pokemon di Indonesia. 


Chiki sendiri adalah snack makanan ringan keluaran Indofood yang pertama kali muncul di era 90an. Rasanya yang enak membuatnya disukai oleh anak-anak. Pada masa itu Chiki sempat memberikan hadiah langsung dalam kemasan berupa mainan yang disebut Tazos. ane ingat betul untuk hadiah Chiki di era 90an adalah Tazos bergambar karakter-karakter Looney Tunes dan bentuknya kotak. Para pembaca yang masa anak-anak pra sekolahnya ada di era 90an pasti ada yang pernah mengalami masa itu, beli snack dan dapat hadiah di dalamnya. 


Berlanjut ke awal 2000an, Pokemon saat itu sedang dalam puncak kejayaan dan mulai dikenal anak-anak Indonesia. Sampai-sampai anime Pokemon pada waktu itu sekitar tahun 2001 tayang di SCTV pada jam prime time dan di akhir pekan. Maka Indofood langsung mengeluarkan gebrakan dengan program hadiah Tazos Pokemon ke produk snack-nya yaitu Chiki, Cheetos, dan Jet-Z. Terjadilah hype Pokemon Tazos di kalangan anak-anak dan remaja. Perburuan koleksi saat itu sangat intens dan anak-anak sudah mulai belajar trading mulai dari barter koleksi sampai jual beli. 

Quote:


Kalau tidak salah saat itu Pokemon yang ada di Tazos hanya generasi satu atau dua saja, belum sebanyak sekarang. Setahun setelahnya Chiki mengeluarkan Tazos dalam material kaleng yang lebih kuat dari plastik. Kemudian promo itu berakhir tidak lama kemudian. 


Kini hadiah itu kembali dengan nama Pokemon Coins. Pergantian nama dari Tazos menjadi Coins mungkin karena Tazos adalah nama brand yang kini tak dapat dibeli oleh Indofood sehingga namanya diubah menjadi Coins. Pihak Chiki sendiri ternyata sudah mengumumkan ini melalui Instagram resminya sejak 2 Agustus 2021. Dalam postingan tersebut, terdapat ratusan komentar yang menyambutnya dengan antusias. Yang komentar tentu saja orang yang berusia pertengahan 20an ke atas seperti saya. 


Kehadiran hadiah Pokemon Coins tersebut menimbulkan pertanyaan? Siapa yang ditargetkan untuk mengoleksi item tersebut? Tentu saja orang dewasa yang dulu pernah merasakan indahnya masa-masa mengoleksi Pokemon Tazos klasik. ane rasa anak-anak zaman sekarang tidak akan tertarik pada item Pokemon ini. Mereka lebih suka berburu skin gacha di Free Fire dan lebih memilih membeli diamond Free Fire daripada beli Chiki. 


Terlepas dari hal tersebut, kembalinya Tazos (Pokemon Coins) sebagai hadiah Chiki merupakan hal yang menyenangkan bagi penggemar Pokemon seperti saya. Dulu semasa kecil mungkin kesulitan dalam mengoleksi karena keterbatasan uang jajan, tapi di saat sudah dewasa dan sudah dapat menghasilkan uang sendiri mengoleksi semua hadiahnya bukanlah perkara yang sulit.


Oh iya, ada sejumlah perbedaan Pokemon Tazos yang baru dengan versi klasik yang dirilis dua puluh tahun yang lalu. Bahan plastik yang digunakan dirasa lebih rapuh dibandingkan dengan versi klasik namun yang versi baru dalam satu kemasan langsung mendapatkan dua buah coin sekaligus. Bagian belakang Tazos versi lawas terdapat gambar menyerupai Pokeball, sedangkan di versi baru hanya berupa warna kuning khas Chiki. 


Total ada 100 Pokemon Coins yang beredar dan menjadi target untuk dikoleksi secara penuh dan lengkap bagi setiap kolektor. Lucunya, di media sosial banyak orang yang kesulitan mendapatkan Pokemon kesukaan mereka dan sering mendapatkan duplikat alias mendapatkan jenis Pokemon yang sama berkali-kali. Menariknya lagi, sudah ada orang yang menjual Pokemon Coins di marketplace dan sudah ada orang yang membelinya. Mungkin karena pusing tak kunjung dapat Pokemon yang diinginkan dalam kemasan Chiki. 


Selain menyenangkan dalam melakukan perburuan untuk melengkapi koleksi, hal ini juga dapat memberikan keuntungan. Jika koleksinya sudah 100%, kemudian Pokemon Coin-nya dikemas menarik layaknya koleksi perangko maka dijamin harganya akan cukup mahal. 


Dari itu semua ada satu hal yang harus disadari. Kita mungkin bisa membeli nostalgia dengan uang. Namun masa kecil yang indah itu tidak akan pernah kembali dengan harga berapa pun.  


Ada yang pernah mengalami asyiknya koleksi Tazos Pokemon gan? emoticon-Ngakak

Quote:
ayosholat
eyefirst2
milktoasthoney
milktoasthoney dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan