Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Yakin Berbagi Sedekah Dibikin Konten Itu Negatif? Ini Dia Fakta Manfaatnya
Marak aksi berbagi yang dijadikan konten, apakah hal ini menjadi kebiasaan negatif?
Agan dan Sista harus tahu fakta-faktanya!


Berbagi dengan orang yang membutuhkan, tentu adalah perilaku yang baik dan perlu dijadikan sebagai budaya untuk semua orang.

Berbagi sendiri tidak melulu tentang harta GanSis, namun bisa juga berbagi jasa, tawa, kebahagiaan, bantuan, dan masih banyak lagi.

Di masa pandemi seperti sekarang dimana banyak sekali orang yang ekonominya terdampak dengan diberlakukannya PPKM, atau bahkan PHK, tentu uluran tangan dari para orang-orang dermawan itu sangat membantu untuk meringankan, meskipun saat ini kedermawanan dianggap sebagai sesuatu yang salah dan cenderung menjadi kontroversi karena adanya dokumentasi atau aksi berbagi yang dikontenkan.

Banyak orang beranggapan bahwa berbagi ya berbagilah saja, tanpa harus ada kamera apa lagi dikontenkan.
Masih cukup banyak orang yang menggunakan prinsip berbagi "Tangan kanan memberi tangan kiri tak perlu tahu", mungkin memang prinsip ini juga tidak salah, namun apakah berbagi dengan mengontenkan aksinya itu negatif dan salah?




Setiap perbuatan bergantung dan dinilai dari niat seseorang melakukan perbuatan-perbuatan itu sendiri. Dan yang perlu kita semua ketahui bahwasannya tidak ada orang yang mengetahui secara pasti niat seseorang melakukan sesuatu karena niat sendiri berhubungan dengan perasaan dan juga hati.

Lalu apakah saat fakta tersebut ada kemudian kita bisa menganggap bahwa berbagi dengan dikontenkan itu negatif dan niatnya riya' atau sombong?

Bisa jadi saat kita memiliki pemikiran bahwa orang lain riya' atau sombong saat berbagi dengan mendokumentasikan proses berbaginya disitulah letak keburukan itu GanSis, kita mempunyai perasaan buruk sangka terhadap orang lain padahal bisa jadi orang yang berbagi tersebut ikhlas dan hanya ingin mendokumentasikan prosesnya.

Jika Agan dan Sista mau berpandangan positif sebenarnya berbagi dengan dikontenkan ini memiliki banyak manfaat GanSis, dan ini adalah fakta sesuai pengamatan yang ane lakukan dari para konten kreator, influencer, YouTuber, dan artis yang mendokumentasikan proses berbagi baik di jalanan atau mencari target yang masuk dengan kriteria target yang akan diberikan bantuan.

Apa saja manfaatnya?
Sebelum Agan dan Sista melihat manfaatnya monggo tonton video di bawah ini!


Spoiler for Baim Berbagi:


Manfaat-manfaat konten berbagi:

1. Membantu Orang
Manfaat yang pertama dan tidak dapat kita pungkiri dari aksi berbagi adalah membantu orang lain GanSis.
Entah itu didokumentasikan dalam bentuk konten atau tidak sama sekali ada kamera dalam pemberian bantuan, tujuannya dan manfaatnya tetaplah sama yaitu berbagi dan meringankan beban orang yang benar-benar membutuhkan.

Secara tidak langsung saat seorang konten Kreator membuat konten berbagi tentu mereka akan mencari target yang tepat, dengan tepatnya target maka yang mendapat bantuan adalah orang yang benar-benar membutuhkan.

2. Memotivasi
Bagi orang-orang yang memiliki pandangan dan pikiran positif mereka akan merasa termotivasi saat melihat konten berbagi.
Mereka akan terpacu untuk melakukan hal yang sama, yaitu berbagi dengan orang sekitar.

Semakin banyak orang yang mau membantu maka semakin banyak orang yang terbantu.

3. Mensejahterakan
Tidak hanya bantuan berupa makanan atau uang untuk makan yang diberikan oleh para influecer, YouTuber, atau para artis pada orang-orang yang membutuhkan GanSis.
Banyak juga anak-anak muda seperti Arief Muhammad dan juga Indra Kusuma yang berbagi dengan orang lain untuk modal usaha. Dengan modal usaha yang diberikan maka mereka ikut mensejahterakan masyarakat.



Bagaimana GanSis apakah setelah melihat fakta-fakta manfaatin atas Agan dan Sista masih menganggap bahwa konten berbagi kebaikan itu negatif?

Alangkah lebih baiknya jika kita ikut berbagi tanpa harus menghakimi orang lain yang memiliki cara berbagi yang berbeda GanSis. Sebab yang penting bukan cara atau niat berbaginya melainkan manfaat berbagi bagi orang lain.

Oke, mudah-mudahan thread kali ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup bagi kita semua.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar dan Video
1, 2, 3
haekalxt
haekalxt memberi reputasi
-1
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan