Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Oh ini Sebabnya Kenapa Taliban Tidak Berani Cegat Bandara Kabul Untuk Evakuasi Warga
Foto ilustrasi militer AS pulang ke AS | foxnews.com


Sejak jatuhnya pemerintahan Afganistan ke tangan Gerakan Taliban membuat Amerika Serikat merasa bingung terhadap kekuatan militer Afganistan yang mana selama ini sudah dilatih dan diberi suntikan dana untuk kekuatan militer.

Berkuasanya Taliban di Afghanistan membuat para warga pendatang dan penduduk asli ketakutan, sebagian besar warga setempat kabur ke negara lain untuk menyelamatkan diri. Dan para Militer Amerika Serikat juga dipaksa angkat kaki dari Islamic Emirate of Afganistan nama baru Afganistan.

Para warga lokal dan pendatang berhamburan ke bandara Kabul, Afganistan agar bisa keluar dari kekuasaan Taliban.


Kenapa Taliban tidak cegat pesawat keluar dari Afganistan?

Foto Jendral McKenzie | nbcnews.com


Yang pastinya, Gerakan Taliban tidak mau ambil resiko berhadapan dengan tentara Amerika yang berjaga di Bandara Kabul. Kepala Komando Pusat Angkatan Darat AS, Jenderal Kenneth McKenzie, sebelumnya sudah memperingatkan para pemimpin Taliban tentang konsekuensi jika mereka mencoba menyerang atau ada upaya pencegahan evakuasi warga melalui bandara Kabul.

Peringatan keras tersebut disampaikan Jenderal McKenzie kepada pimpinan Taliban saat pertemuan di ibu kota Qatar, Doha. McKenzie mengatakan "Saya mengingatkan kalian untuk tidak melakukan upaya penyerangan terhadap Militer kami begitu juga bagi masyarakat AS yang ingin angkat kaki dari Afganistan. Ini peringatan serius bahwa setiap serangan yang dilakukan militan Taliban di bandara Kabul akan kami hadapi dengan kekuatan penuh, apapun yang terjadi kami akan tetap melindungi pasukan, diplomat dan warga kami," ucap sang Jenderal.

Foto ilustrasi Jendral McKenzie susun strategi evakuasi | dailymail.co.uk


Setelah himbauan yang disampaikan Jendral McKenzie terhadap Taliban, sampai saat ini tidak militan Taliban yang mencoba menghalangi evakuasi orang dan warga Afghanistan yang tidak ingin hidup di bawah kepemimpinan pemerintahan Taliban di bandara Kabul, diluar bandara Jendral tidak menjamin keselamatan warganya atau warga asli Afganistan.

Meskipun demikian Jendral McKenzie juga melakukan berikade pertahanan di Bandara Internasional Kabul dengan menurunkan sekitar 5 ribu personil militer Amerika. Dan untuk evakuasi Militer AS menggunakan 80 pesawat angkut militer termasuk misi penting yaitu mengevakuasi diplomat mereka dan para pegawai diplomatik NATO lainnya.

Namun, beberapa media mengabarkan jika ada upaya penghalangan Taliban terhadap warga yang ingin menuju bandara kabul. Bahkan ada yang mendapatkan kekerasan fisik agar tidak mencoba kabur ke bandara kabul.



Penulis: Sambelterasi052
Referensi: dailymail.co.uk - General Frank McKenzie, warns Taliban will be hit with overwhelming force. if they interfere with rescue: US fly in ex ambassador and army commander to reinforce Kabul airport.
Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 22-08-2021 15:45
mycatmikey
Aramina
satyagilang
satyagilang dan 28 lainnya memberi reputasi
29
14.8K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan