muhammadgieAvatar border
TS
muhammadgie
Peralatan Tempur Baru Taliban yang Canggih dan Gratis Tapi Bikin Malu Amerika Serikat
Rekaman video para pejuang Taliban yang berparade dengan kendaraan lapis baja buatan AS, memegang senjata api yang dipasok AS dan menaiki helikopter Black Hawk Amerika, setelah kekalahan pasukan pemerintah Afghanistan telah mempermalukan Gedung Putih, seperti dilansir France24, Kamis, (19/08/2021).

Taliban, yang dengan mudah menguasai negara hanya dalam 11 hari, menyita sejumlah besar persenjataan, peralatan dan amunisi dari angkatan bersenjata Afghanistan, sebagian besar dipasok selama dua dekade terakhir oleh Washington. Semua senjata itu diserahkan begitu saja oleh tentara pemerintah Afghanistan.

Media sosial menunjukkan prajurit Taliban membawa senapan serbu M4 dan M18 dan senjata penembak jitu M24, mengemudikan kendaraan tempur lapis baja segala medan Humvee buatan AS dan, dalam satu video, tampaknya mengenakan seragam taktis pasukan khusus gaya Amerika Serikat.

Gambar-gambar tersebut membuat serangan politik terhadap Presiden Joe Biden semakin membara dengan tudingan kesalahan penanganan penarikan AS dari negara itu setelah 20 tahun perang.

Sebagian besar peralatan militer canggih itu disita Taliban dari pasukan Afghanistan, yang meskipun telah menjalani pelatihan selama dua dekade dengan dana puluhan miliar dolar dari Amerika Serikat, mereka menyerahkan ibu kota Kabul begitu saja akhir pekan kemarin, tanpa perlawanan.

“Kami tidak memiliki gambaran lengkap dan jelas ke mana perginya setiap peralatan pertahanan. Tapi yang pasti, cukup banyak peralatan itu jatuh ke tangan Taliban,” kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan pada hari Selasa.

"Jelas, kami kira mereka tidak akan dengan mudah menyerahkannya kembali kepada kami," katanya.

Partai Republik tentu saja memanfaatkan pengakuan itu untuk menerkam Biden.

“Berkat penarikan Biden yang gagal, Taliban lebih siap hari ini daripada sebelumnya,” kata ketua nasional Partai Republik Ronna McDaniel.

https://www.kompas.tv/article/203084...merika-serikat
ronny398
ronny398 memberi reputasi
1
980
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan