Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Andreas16FerianAvatar border
TS
Andreas16Ferian
PECINTA SEAFOOD MASUK SINI !! 13 Jenis Udang yang Bisa Dimakan
Indonesia punya aneka jenis udang seperti udang windu, galah, vaname, dll. Apalagi udang termasuk salah satu jenis seafood yang disukai oleh banyak orang. Hewan air yang umumnya berukuran kecil ini mempunyai cita rasa khas dan bisa diolah dengan berbagai cara. Selain dikonsumsi, ada juga jenis udang hias yang biasanya dibudidayakan atau dikoleksi, bukan untuk dimakan.




1. Udang Cokelat

Udang coklat adalah jenis udang yang paling disukai dan populer di Amerika, banyak ditemukan di sepanjang pantai timur perairan Teluk Meksiko. Karakteristik udang coklat mempunyai tekstur keras, cangkang yang berwarna merah kecoklatan serta memiliki cita rasa perpaduan manis dan asin.



Sama seperti udang umumnya, ketika dimasak, udang cokelat akan berubah jadi merah muda. Biasanya udang ini diolah dengan cara direbus atau dikukus agar dapat menikmati cita rasa alami udang cokelat. Fyi, panen udang cokelat biasanya dilakukan pada bulan Juni hingga Agustus.

2. Udang Dogol

Orang Indonesia menyebutnya sebagai udang dogol, sementara di Amerika disebut “pink shrimp” karena mempunyai tampilan yang berwarna merah muda agak kekuningan. Namun ada juga udang dogol yang mempunyai warna kuning kehijauan.




Udang dogol sering diolah menjadi salad udang karena ukuran tubuhnya tidak terlalu besar. Banyak juga yang menikmati udang dogol dengan dilumuri tepung, lalu digoreng dan cita rasanya sudah pasti enak. Udang dogol ditemukan melimpah di perairan Pantai Pangandaran, dan harganya pun sangat terjangkau.

3. Udang Flower

Kalau Kamu mau menikmati olahan udang flower, bisa masuk ke resto Thailand. Karena jenis udang ini sering ditemukan dalam olahan masakan khas Thailand, mereka menyebutnya dengan nama Thai flower shrimp. Flower artinya bunga, diberi nama tersebut karena corak udang ini menyerupai bunga dengan permukaan kulit berwarna hijau kehitaman. Ciri khasnya ada corak garis-garis melintang berwarna cokelat pada kulitnya dan kakinya berwarna agak kemerahan.




4. Udang Galah

Udang galah adalah jenis udang yang hidup di perairan tawar, sering juga disebut udang cokong. Ciri khasnya mempunyai warna kulit kebiruan dengan ukuran kepala yang besar serta mempunyai capit panjang. Paling enak diolah dengan cara dibakar karena mempunyai tekstur kuliat agar keras dan kokoh. Udang tawar yang mempunyai nama latin Macrobrachium rosenbergii ini juga banyak ditemukan di perairan payau dengan salinitas 5 hingga 20 ppt.




5. Udang Jerbung

Pernah mendengar nama udang jerbung? Karakteristik jenis udang ini memiliki permukaan kulit tipis dan licin berwarna putih kekuningan yang ada bintik bintik hijau. Pajang tubuhnya bisa mencapai 20 cm dengan tekstur tubuh padat. Kamu bisa mengolah udang jerbung dengan digoreng, dipanggang, direbus atau dikukus untuk mempertahankan cita rasa alaminya. Karena permukaan kulitnya yang tipis, udang jerbung kurang cocok jika dimakan dengan cara dibakar, akan mudah gosong. Ada tiga varietas udang jerbung, yakni Pacific white, Chinese white dan Gulf white.




Diubah oleh Andreas16Ferian 22-08-2021 14:45
RyuDan2255
eLNawari
cheria021
cheria021 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
9K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan