machinAvatar border
TS
machin
(Sains) Mengapa Sih Pria Suka Sekali Melihat Payudara? Bentuknya Ya Gitu Aja, Kan?
Selamat pagi agan aganwati. Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose

VALERY HACHE VIA GETTY IMAGES VIA HUFFPOST

Thread  ini seperti thread  menggugurkan perasaan bersalah diri sendiri. Setelah membaut thread  yang membahas payudara sampai ada beberapa thread  (1,2,3), aku merasa terlalu mengeksploitasi tema ini. Sehingga akhirnya aku menulis thread  ini. Membahas tentang mengapa pria heteroseksual suka sekali melihat anggota tubuh wanita yang satu ini.

Quote:

Itulah mengapa ada seorang YouTuber menyewakan ruang di kaosyang dia kenakan untuk digunakan sebagai iklan jasa ataupun produk.


Didasari alasan tersebut, aku penasaran, akhirnya aku mencari jawaban yang mungkin bisa memuaskan rasa penasaranku akan fenomena yang tidak langka ini. 

Quote:

Fakta yang menarik dari sebuah penelitian yang aku baca pada situs huffington post, beberapa pria akan diberi uang jika tahan untuk melihat video pemandangan pedesaan, akan diberikan uang yang lebih banyak lagi jika mampu bertahan video pemandangan pedesaan lebih lama. Namun, mereka akan dibayar uang yang sedikit jika melihat video semacam "Baywatch" dengan seorang wanita berlarian dengan mode "slow motion".


Ternyata apa yang dilakukan para pria tersebut? Mereka lebih memilih rela dibayar dikit untuk melihat video wanita berlarian tersebut dari pada melihat video pemandangan pedesaan. Eksperimen klasik ni namanya "Delayed Gratification"  atau kepuasan tertunda.
Dari eksperimen tersebut, bagian otak yang mengatur segala hal tentang reward  pada bagian pre-fontal cortex  mengirimkan sinyal agar segera mengambil keputusan untuk memilih jangka waktu yang lebih dekat dari pada ditunda-tunda.


Quote:

Masih menggunakan sumber yang sama, beberapa ahli evolusi mengatakan bahwa pria heteroseksual tertarik melihat payudara wanita karena bagi mereka, wanita dengan payudara berisi memiliki kesehatan yang baik untuk melahirkan dan merawat seorang anak.
Kemudian, ada hipotesis lainnya yang menyebutkan bahwa kebanyakan primata melakukan aktivitas reproduksi dari "arah belakang", oleh karena itu ada beberapa "bagian belakang" primata memiliki bentuk yang besar untuk menarik perhatian primata jantan. Berkaca dari hal itu, dada wanita membesar untuk tujuan yang sama dengan apa yang terjadi pada primata tersebut, menarik perhatian para lelaki.

Quote:

Ada alasan neurologis yang lebih masuk akal dan itu berhubungan dengan mekanisme otak yang berhubungan kuat antara bayi dengan ibunya.
Ketika seorang wanita melahirkan, bayinya akan melakukan beberapa manipulasi yang cukup rumit pada payudara ibunya. Stimulasi ini mengirimkan sinyal di seluruh saraf dan ke otak. Sehingga hal itu memicu pelepasan neurokimia yang disebut oksitosin dari hipotalamus otak. Pelepasan oksitosin ini akhirnya merangsang otot polos di payudara wanita untuk mengeluarkan ASI.
Tidak hanya itu, pelepasan oksitosin juga memiliki efek lain. Saat oksitosin dilepaskan atas dorongan bayi, perhatian ibu juga terfokus pada bayinya. Bayi menjadi hal terpenting di dunia. Oksitosin, yang bekerja bersama dengan dopamin, juga membantu menanamkan wajah, penciuman, dan suara bayi baru lahir pada "sirkuit otak ibu yang mengatur penghargaan", hal itu menjadikan aktivitas menyusui dan merawat bayi menjadi pengalaman yang menyenangkan, memotivasinya untuk terus melakukannya dan menjalin ikatan ibu-bayi. Ikatan ini tidak hanya yang paling indah dari semua ikatan sosial, tetapi juga bisa menjadi ikatan yang paling bertahan lama, bahkan bertahan seumur hidup.



Keanehan lainnya yang terjadi pada manusia adalah bahwa kita termasuk di antara hewan yang sangat langka. Manusia saat melakukan aktivitas reproduksi, mereka saling tatap muka, saling menatap mata. Ilmuwan percaya bahwa keunikan cara manusia melakukan aktivitas seksualitas ini telah berevolusi untuk mengeksploitasi sirkuit otak ikatan ibu-bayi (yang lama) sebagai cara untuk membantu membentuk ikatan di antara sepasang kekasih.

Saat pasangan menyentuh, memijat, atau menggigit payudara wanita, hal itu memicu rangkaian peristiwa otak yang sama dengan menyusui. Oksitosin memfokuskan perhatian otak ke wajah, penciuman, dan suara pasangan. Kombinasi pelepasan oksitosin dari stimulasi payudara, dan lonjakan dopamin dari kegembiraan foreplay dan seks tatap muka, membantu menciptakan asosiasi wajah dan mata kekasih dengan perasaan yang menyenangkan, hal itu membangun ikatan di otak wanita.

Quote:

Selamat ulang tahun ke 76, negeri tempat kelahiranku. Semoga semakin berjaya.emoticon-rose

--
Terimakasih sudah membaca thread  cukup serius ini sampai selesai.
As always, stay healthy and happy.emoticon-rose
Sumber terlampir.


Diubah oleh machin 17-08-2021 04:10
alifrian.
botaysan
panji2wiguna
panji2wiguna dan 31 lainnya memberi reputasi
30
25K
245
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan