drumssAvatar border
TS
drumss
7 Langkah Comeback dari Keterpurukan. No 6 Jangan Sampai Terlewatkan!
Banyak yang bilang kalau bangkit dari kondisi jatuh itu memang tak mudah, gampang kita ngomongnya tapi sulit menjalaninya. Tak sedikit orang yang susah move on  gara-gara keterpurukan, namun banyak pula mereka-mereka yang bisa bangkit dan comeback dan mampu membalikkan keadaan. Mungkin belakangan kita lebih sering mendengar Comeback is Real  dalam pertandingan olahraga maupun games, namun sejatinya ada banyak kejadian nyata di kehidupan sehari-hari yang menunjukan aksi comeback  yang begitu manis. 


Photo by Daniel Reche from Pexels


Ada banyak orang yang larut dalam kondisi terpuruk, terlalu terjerumus dalam kesedihan sehingga bisa dibilang bangkit menjadi kondisi yang sulit untuk ditakhlukkan. Sulit bukan berarti hal yang mustahil bukan..?, seperti Indonesia mampu merebut kemerdekaan dari penjajah pun juga butuh perjuangan. Agustus telah tiba, semoga semangat HUT RI tahun ini bisa memberikan spirit bagi kamu-kamu yang sedang larut dalam keterpurukan. 
Berikut adalah tujuh langkah bisa kamu tempuh untuk bisa bangkit dari keterpurukkan.

Hadapi Realita, Bukan Menolaknya.

Lupakan pengalaman  keterpurukan, jangan terlalu lama berlarut-larut dan berdiam dalam keterpurukan. Mulailah bangkit dengan sadar akan realita yang tersurat. Mari menerima dan melihat kenyataan, cobalah untuk berdiri dan sadar bahwa tak ada seorangpun akan menolong apabila kita pun malas untuk bangkit.

Berdiam, dan Stop Sesaat dari Rutinitas

Ketika terpuruk maenghampiri, ada baiknya sisihkan waktu guna menyendiri, renungkan, dan memikirkan kembali langkah ke depannya.  Merenung dan introspeksi diri menjadi harga mati, mulailah dengan mengehentikan berbagai aktivitas rutin, sehingga bisa berpikir jenih dan mendapat semangat bangkitkan  yang sempat down dan segera melanjutkan hidup.

Liburan

Selain stop dari rutinitas harian, berlibur bisa menjadi langkah yang dilakukan jelang lepas landas tinggalkan keterpurukan. 
Namun kondisi seperti sekarang ini (Pandemi Covid-19), agak sedikit sulit untuk lakukan liburan. Kalaupun terpaksa harus mengambil liburan, pastikan untuk terus mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan demi ikut menekan sebaran Covid-19. Berlibur ke tempat favorit untuk dapatkan suasa sepi guna merenung. Liburan bisa me-refresh pikiran dan perasaan yang sempat jeblok ketika dalam kondisi terpuruk.

Menyesal Boleh, .. Tapi Tak Perlu Malu

Keterpurukkan bisa saja dalam berbagai hal, mulai dari urusan kerja yang habis di PHK, kalah dalam kompetisi eSport, masalah percintaan, dan lain-lainnya. Berada pada kondisi terjatuh memanglah nyesek, perasaan malu pun serasa tak mungkin terhindarkan. Hari-hari mungkin kerap dihiasi pemikiran orang lain terhadap diri sendiri, wajar saja kalau perasaan malu terus menyelimuti. Keterpurukan bisa saja akibat salah langkah, namun tak perlu untuk larut dalam rasa sesal. Tak perlu harus malu, toh setiap manusia pernah berbuat salah dan mungkin pernah terjatuh, pokoknya jangan karena perasaan malumu menjadi terhambat proses untuk bangkit.

Pikirkan Rencana Ke Depan

Berdiam diri dan stop dari rutinitas, serta mengambil liburan membuatmu bisa berpikir lebih jernih. Suasana tersebut pun juga memungkinkan untuk orang-orang yang sedang terpuruk bisa memulai menyusun rencana selanjutnya. Mulailah dengan tetapkan sebuah hal menjadi goal atau objective, dan mulai susun strategi untuk dapat menuju apa yang sudah kamu set menjadi tujuan. Tentu, juga harus memikirkan rencana A, B, C, dan seterusnya sebagai backup bila rencana awal tak berjalan lancar.

Selalu Bersyukur & Mendekatkan Diri Kepada Tuhan YME

Jangan lah menjadi pribadi yang tersu menerus suka mengeluh, meski berkeluh dalah sifat manusia. Mulailah berusaha untuk bersyukur, mungkin ini adalah suratan takdir  sehingga menjadi proses untuk menuju kamu menjadi lebih baik. Teruslah berusaha, dan panjatkan do'a kepada yang kuasa agar diberi ketabahan dan kekuatan melanjutkan dan mencapai apa yang sudah direncanakan. 

Belajarlah dari Kegagalan

Sudah disinggung di atas, bahwa kegagalan bisa saja disebabkan oleh salah langkah seblumnya. Sehingga di saat keterpurukan melanda, mari belajarlah dari kegagalan dan kesalahan langkah yang pernah kita ambil. Keterpurukan yang sedang kamu alami sekarang memberikan pelajaran, yang mampu memberikan insight  dan berguna menjadi pembelajaran ke depannya. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan sebagai langkah menuju comeback dari keterpurukan. Apabila dari Kaskuser ada tambahan, silahkan post di kolom komentar dan nanti akan ditambahkan. 

Sekian dan Terima kasih. emoticon-Shakehand2
Diubah oleh drumss 10-08-2021 07:56
danQe
mohri17
misstumbler
misstumbler dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan