banteng.mudaAvatar border
TS
banteng.muda
Luhut Minta Upacara Agama Di Bali Dibatasi, Kalau Nggak Pasti Kluster Baru
Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan meminta penyelenggaraan upacara keagamaan di Bali dibatasi. Kegiatan yang melibatkan banyak orang dalam waktu yang lama berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

"Kita titip upacara-upacara keagamaan di-hold dulu," ujar Luhut.


Dia mencontohkan upacara Ngaben yang biasanya diikuti oleh ratusan bahkan ribuan orang, dan dilakukan lebih dari satu hari. Menurut Luhut hal itu sangat berisiko untuk menularkan Covid-19.

"Maaf saya sampaikan kalau Ngaben misalnya tadi saya dapat laporan seribu orang sampai 2-3 hari, ini pasti ada klaster baru. Pasti dampaknya akan luas," kata Luhut.


Karena itu dia meminta warga Bali untuk disiplin dengan tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan yang berisiko.

Dia meminta warga Bali untuk menahan diri agar penularan Covid-19 menurun sehingga tumbuh kepercayaan turis asing untuk berkunjung kembali.
BACA JUGA:
Satpol PP Masih Temukan Warga Denpasar Beraktivitas di Fasilitas yang Ditutup

"Biarlah kita sementara ini hidup berbeda dengan yang lalu. Karena kalau enggak, nanti turis internasional ragu untuk datang," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut meminta semua daerah di Bali membuat fasilitas isolasi terpusat (isoter). Menurut Luhut, perawatan pasien Covid-19 di isoter lebih terjamin, karena dokter, perawat, obat hingga makanan terjamin.

Dia meminta masyarakat Bali yang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak menolak bila dijemput oleh TNI Polri untuk menjalani karantina di fasilitas isoter. Sebab karantina di isoter juga bertujuan mencegah munculnya klaster baru di keluarga.

"Yang masih masalah isoter. Kalau pemerintah TNI Polri membawa mereka ke isoter itu supaya nggak ada klaster baru di keluarga," ujar Luhut.


sumber

Bali lagi gawat, soalnya nggak turun-turun kasusnya emoticon-Cape d...
capres.banjir
capres.banjir memberi reputasi
1
1.1K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan