bloodseeker18Avatar border
TS
bloodseeker18
Setelah AS, Inggris dan Jerman Kini India Kirim 4 Kapal Perang ke Laut Cina Selatan


India menyusul beberapa negara Barat dengan mengirim kapal perang ke Laut Cina Selatan. Ini merupakan sinyal India ingin memainkan peran lebih untuk melawan pengaruh Cina di kawasan tersebut.

Angkatan Laut (AL) India dalam pernyataan, Rabu 4 Agustus 2021, mengungkap, empat armada tempur, termasuk kapal perusak berpeluru kendali dan fregat, akan menjalankan misi selama 2 bulan di Laut Cina Selatan, termasuk Asia Tenggara dan Pasifik mulai Agustus.

"Pengerahan kapal Angkatan Laut India untuk menggarisbawahi jangkauan operasional, kehadiran damai dan solidaritas dengan negara-negara sahabat untuk memastikan ketertiban dalam domain maritim," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters.

Armada AL India juga akan ambil bagian dalam latihan perang tahunan bersama AS, Jepang, dan Australia di lepas pantai Guam.

Keempat negara itu membentuk Quad, kelompok informal yang digagas pemerintahan Presiden AS Joe Biden sebagai upaya melawan pengaruh China.

"Inisiatif maritim ini meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Angkatan Laut India dan negara-negara sahabat, berdasarkan kepentingan maritim bersama serta komitmen terhadap kebebasan navigasi laut," demikian isi pernyataan.

Amerika Serikat, beberapa negara seperti Inggris, Prancis, Australia, Selandia Baru, dan Jerman juga telah dan akan mengirim armada ke Laut Cina Selatan serta Pasifik.

Pengerahan kapal perang dari berbagai negara ke Laut Cina Selatan bertujuan menentang klaim teritorial Cina atas perairan strategis itu.

Sementara itu, Cina menentang semua langkah yang bisa meningkatkan ketegangan di Laut Cina Selatan, termasuk kehadiran kapal-kapal perang AS dan Inggris.

sumber

Nah kan.. ini lanjutannya, bahkan negara goyang pinggul pun ikut nimbrung
emoticon-Ngakak
alfidanger
akulagiiiii2013
julianov
julianov dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan