Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muhammadgieAvatar border
TS
muhammadgie
Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Anies: Amerika Sedang Pertaubatan Paradigmatik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi peranyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang memprediksi Ibu Kota akan tenggelam dalam 10 tahun mendatang.

Menurut Anies, pernyataan tersebut bisa dipahami menjadi dua hal. Pertama, kata dia, menunjukkan Indonesia menjadi perhatian internasional dan sebagai salah satu tempat yang menunjukkan sehat atau tidaknya bumi Indonesia hari ini.

"Hal ini harus kita manfaatkan dengan mendorong suara Indonesia yang lebih jernih, lebih jelas dalam forum internasional baik mendorong kepentingan nasional maupun umat manusia. Jakarta mencoba melakukan itu dengan berbagai forum antarkota C40 dan lain-lain," kata Anies dalam seminar daring yang digelar Alumni ITB bertajuk 'Jakarta Tenggelam', Selasa (10/8/2021).

"Dalam forum itu kami mendorong kerjasama untuk menciptakan kebijakan lebih hijau di level kota," imbuhnya.

Baca juga: Alasan Anies Gelar Formula E pada Pertengahan Tahun Depan

Mantan Mendikbud itu ingin memastikan bahwa umat manusia bisa hidup layak berdampingan dengan alam dan alam yang lestari seperti yang kerap dibahas dalam forum internasional peduli lingkungan.

Selanjutnya, menurut Anies, pesan kedua Joe Biden dapat dimaknai bahwa Presiden Amerika itu sedang mencoba mengubah paradigma ekonomi.

"Dia sedang bicara pada domestik audiensnya. Mengubah paradigma ekonomi di dalam negerinya sendiri sekaligus engara lain untuk mengubah paradigmanya. Joe Biden mengajak Amerika pertaubatan paradigmatik," tegas Anies.

Ia menerangkan bahwa posisi Amerika pada kepemimpinan sebelumnya sangat berseberangan dengan kepemimpinan Joe Biden sehingga pemerintahan Amerika sekarang kerap mengkritisi habis era Donald Trump.

Anies mengatakan bahwa pada pemerintahan Amerika sebelumnya, Trump kerap meminggirkan pertimbangan ekologis dengan menganggap lingkungan sebagai hambatan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, DPRD DKI: Kita Harus Antisipasi

"Trump mengambil langkah Amerika keluar dari Paris climate agreement, membatalkan rencana clean powerplant yang bisa memangkas emisi gas rumah kaca yang dikeluarkan AS sampai 32%, menghapus atau merelaksasi aturan soal lingkungan seperti polusi udara, mengurangi efisiensi bahan bakar, menghapus perlindungan terhadap kawasan air, mengurangi perlindungan terhadap satwa, dengan alasan-alasan pembangunan dan perekonomian jadi pidato ini bukan sekedar pidato internasional tapi juga pertaubatan paradigmatik di Amerika," urainya.

Baca juga: Joe Biden Bilang Jakarta Akan Tenggelam, Megawati: Saya Sudah Ngomong dari Zaman Sutiyoso

Anies mengajak semua pihak agar tak salah dalam menyikapi pernyataan Joe Biden yang menyebut DKI Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. "Jangan sampai justru kita sampai salah memahaminya malah mendorong kebijakan yang menomorsekiankan kelestarian lingkungan, seperti Donal Trump," tutur dia.

https://megapolitan.okezone.com/read...igmatik?page=2

Donald Trump vs Anies, Bagusan mana ya?
Diubah oleh muhammadgie 11-08-2021 03:20
scorpiolama
gmc.yukon
gmc.yukon dan scorpiolama memberi reputasi
2
1.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan