Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gagal.jadi.nabiAvatar border
TS
gagal.jadi.nabi
Mengenal Transgender-Nonbinary Olimpian: Quinn & Laurel Hubbard
Tampaknya kita sudah 'merasa biasa' atau tdk begitu terkejut ketika mengetahui bhw di olimpiade terakhir, Olimpiade Tokyo 2020 yg baru saja berakhir sehari yg lalu, terdpt empat atlit transgender atau nonbinary terbuka (openly) yg turut berpartisipasi. Itu terjadi mgkn karena Pandemi Covid-19 terlalu menyita perhatian & emosi kita. Atau konspirasi mesin pencari, media berita, lini massa maya besar, seperti google, bing, yahoo, twitter, facebook, youtube dll. sepakat untuk meredam polemik mengenai kontroversi itu sebesar-besarnya

Penulis sendiri sgt terkejut & sulit menerima kenyataan itu. Bagaikan memakan buah simalakama. Dimakan terasa kenyang, tak dimakan krn masih kenyang..emoticon-Kagets

Quote:

Sebelum menilai terlalu jauh, penulis menelusuri pelan-pelan bagaimana situasi yg terjadi sebenarnya. Termasuk mengenal para partisipan berkelamin, eh ber-gender aneh atau unik itu lewat berita-berita yg berseliweran di dunia maya.

Para atlit transgender/nonbinary terbuka tersbt adalah Quinn dari Kanada yg turun di cabang olahraga Sepakbola & Laurel Hubbard dari Selandia Baru pada Angkat Besi. 

Dua atlit berktnya adlh Alana Smith, transgender woman terbuka dari AS pada Papan Luncur (skateboard) & Chelsea Wolfe, nonbinary terbuka jg dari Amerika Serikat pada Bersepeda BMX, jg lolos untuk olimpiade. Namun, Chelsea Wolfe tak sempat bermain. Kedua atlit ini akan dibahas di kesempatan lain.

Mereka semua berpartisipasi di kelompok putri.

Quote:

Quote:

Quinndari Kanada berhasil pecahkan rekor dunia & Olimpiade sekaligus. Tak tanggung2, dua rekor sekaligus! emoticon-EEK!

Quinn, berumur 25 tahun, adlh atlit nonbinary pertama yg tampil secara terbuka (openly) di perhelatan olahraga terbesar dunia itu. Rekor tersebut diraihnya pada Tgl. 26 Juli 2021 ketika Tim Sepakbola Putri Kanada (CAWNT) menempatkan Quinn di lapangan melawan Tim Sepakbola Putri Jepang dlm ajang penyisihan grup cabor sepakbola putri.

Selanjutnya, Quinn menjadi nonbinary terbuka pertama yg berhasil merebut medali Olimpiade, kebetulan emas, ketika di partai final Tim Sepakbola Putri Kanada (CAWNT) berhasil mengalahkan Tim Sepakbola Putri Swedia yg lebih diunggulkan tadinya. Quinn tampil penuh di 45 menit pertama & digantikan pada babak II menit ke-46.

Disebut openly berarti status gender-nya diungkap ke umum secara resmi oleh IOC, lembaga yg menyelenggarakan olimpiade


Perlu diketahui jg, CAWNT di semifinal mengalahkan Tim Sepakbola Putri Amerika Serikat (USWNT). Itu jg rekor tersendiri karena mereka bisa mengalahkan USWNT pertama kalinya dlm 20 tahun terakhir! Quinn, sang nonbinary, jg turut bermain saat itu.


Tampaknya, sosok Quinn memberikan tuah tersendiri bagi timnya di Olimpiade Tokyo 2020. Bisa dibilang, medali emas & kemenangan bersejarah melawan USWNT memberikan euforia & kebangkitan bagi CAWNT & sepakbola Kanada, khususnya untuk putri.

Sungguh luar biasa!! Kita ucapkan selamat kepada Quinn yg sakti mandraguna & TIm Sepakbola Putri Kanada yg jaya-raya. emoticon-Angkat Beeremoticon-Selamat

Tak lama setelah meraih medali emas olimpiade, Quinn menumpahkan emosinya ke media sosial maya.

"Trans pertama yg secara terbuka berlaga. Saya tak tahu bagaimana rasanya." Quinn menulis. 

"Saya merasa bangga melihat 'Quinn' akan penampilannya di barisan pemain & pengakuannya. Saya merasa sedih mengetahui bhw ada sejumlah partisipan olimpiade seblm saya yg tak dpt hidup dengan kebenaran mereka kra dunia ini.”

“Saya merasa optimis utk perubahan. Perubahan di lembaga legislatif. Perubahan hukum, struktur & kerangka menalar,”  dia (they) melanjutkan.

“Secara garis besar, saya merasa waspada pada kenyataan2. Transgirls dikucilkan dari olahraga. Transwomen menghadapi diskriminasi dan bias di saat mereka mencoba mengejar impian olimpiade. Pertarungan masih jauh dari berakhir... dan saya akan merayakannya ketika kita semua ada di sini.”. Huffpost.

Quinn, terlahir berkelamin perempuan & bermain sepakbola bersama tim putri dari sejak usia 6 thn hingga saat ini.

Oh ya, nama lengkapnya sejak lahir (11/8/1995) adalah Rebecca Quinn. Pada Thn. 2020, dia (they) mulai menggunakan satu nama saja (mononym) berupa nama belakang (nama keluarga).

Di tingkat klub, saat ini dia bermain untuk klub OL Reign di liga sepakbola putri nasional AS kasta tertinggi (NWSL). Seblmnya dia (they) bermain utk klub Paris FC di liga putri Division 1 Féminine, Perancis, klub Vittsjö GIK di liga putri Damallsvenskan, Swedia, dan klub Washington Spirit di NWSL. Quinn jg bermain utk tim putri di kampusnya, Duke University. Di tingkat nasional, Quinn pernah bermain utk timnas putri Kanada U17, U20 dan U23. Wikiipedia.


Quote:

Quote:

Transgender womanjg memulai debutnya secara terbuka (openly) di Olimpiade Tokyo 2020. Laurel Hubbard (Selandia Baru), usia 43 tahun, adalah transgender woman pertama yg secara terbuka bertanding di Olimpiade. Dia turun di cabor Angkat Besi, kelas +87 kg, namun gagal merah medali.

Tak tahan menerima kritikan atau dijadikan bahan lucu2an krn keikutsertaannya yg kontroversial di Olimpiade, akhirnya Laurel Hubbard mengumumkan keinginannya utk pensiun dari dunia olahraga (Talksport 4/8/2021). Monggo, mas!  emoticon-Shutup

Laurel Hubbard terlahir sebagai pria & menekuni olahraga angkat besi putra selama 10 tahun lebih, lalu pensiun 15 tahun & kembali mengangkat besi hingga sekarang di kelompok putri. 

Hubbard terlahir sebagai pria pd Tgl 9 Pebruari 1978 di Selandia Baru dgn nama Gavin Hubbard.

Di akhir 1990-an, dia mulai berkompetisi di cabor angkat besi dan pensiun pada Thn. 2001. Atlit yg diketahui tdk byk melakukan jumpa pers, pernah mengatakan dlm satu wawancaranya bhw dia menempatkan angkat besi sebagai cabor yg tipikal pria.

“Saya katakan pada diri saya sendiri, jika saya melakukan satu olahraga yg maskulin, mungkin saya akan menjadi maskulin. Sayangya, yg terjadi bukanlah itu," kata Hubbard.

Pada Thn. 2012 dia melakukan operasi ganti kelamin (gender reassignment surgery— lalu dia dikabarkan bekerja utk Federasi Angkat Besi Selandia Baru — barulah para Thn. 2016 dia kembali berkompetisi, kali ini dlm cabor angkat besi putri. Di Thn. 2017, dia (she) memenangkan medali pertamanya utk turnamen besar, yaitu medali perak pada Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat & meraih medali emas pada Pacific Games di Samoa pada 2019. Kontroversipun mulai mengiringinya.
News18.

Hubbard bisa bertanding di olimpiade setlh mengikuti proses yg panjang utk memastikan kadar hormon testosteronnya di dlm serum darah tdk lebih dari batas yg ditetapkan yg diperiksa secara berkala dlm jangka tertentu hingga selama mengikuti olimpiade. Ini berlaku bagi transwoman atau atlit dengan bawaan lahir berkelamin pria, tetapi bertanding di kelompok putri. Mudah-mudahan penulis sempat bahas ini di tulisan berikutnya.

Bingung dgn istilah transgender woman, nonbinary & stilah2 lainnya dlm Theory of Gender kekinian? Agan tdk sendirian, Uncle Donald & penulis jg bingung. emoticon-Big Grin Selamat datang ke dunia! emoticon-Angkat Beer

Sejumlah Istilah dlm Theory of Gender Kekinian

Quote:


Fun Facts

Quote:


Quote:


Quote:


Spoiler for Bonus:


Tulisan berupa opini ditambah kutipan dari sejumlah sumber:

Canadian soccer player Quinn makes history as first openly transgender and nonbinary Olympian to win medal - CBS News

Canadian Soccer Star And Olympic Medallist Comes Out As Transgender | HuffPost Canada Life (huffingtonpost.ca)
Quinn (soccer) - Wikipedia
https://www.bbc.com/sport/football/54233946
Laurel Hubbard - Wikipedia
Alana Smith: Pundits misgender non-binary Olympic athlete (pinknews.co.uk)

Diubah oleh gagal.jadi.nabi 10-08-2021 03:44
ipanpun
asurizal
eyefirst2
eyefirst2 dan 19 lainnya memberi reputasi
12
8.1K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan