Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

altun.Avatar border
TS
altun.
Selain Kucing dan Anjing, Mamalia Eksotis Ini Juga Lucu Untuk Dipelihara loh!

Image source: Pixabay

Memelihara kucing dan anjing mungkin sudah terlalu mainstream bagi sebagian orang. Untuk menghindari kejenuhan terkadang orang lebih memilih memelihara hewan yang antimainstream atau biasa disebut exotic pet.

Sebelum memelihara exotic pet, ada baiknya kalian mencari ilmu tentang pemeliharaan hewan yang kalian pilih. Karena exotic pet butuh perhatian khusus dan masih jarang ada klinik yang bisa menangani hewan-hewan antimainstream. 

Mimin punya kumpulan exotic pet yang pemeliharaanya termasuk mudah nih. Simak sampe akhir ya!

1. Sugar Glider



Hewan berkantung yang penyebarannya terdapat di Australia dan Papua ini ternyata sudah banyak peminat dan komunitasnya loh. Selain karena wajahnya yang lucu, hewan ini memiliki tingkat bonding yang tinggi dengan ownernya. Sugar glider termasuk biasa memakan serangga dan buah. Namun jika kamu gamau repot, kamu bisa berikan bubur bayi sebagai pakan utama dan buah buahan sebagai cemilannya. Hewan ini bisa dilatih untuk lompat dari sebuah benda misalnya meja menuju ke tubuh pemiliknya. Wah lucu banget ya!

2. Landak Mini


Loh min, landak bukannya beracun dan dilindungi ya? tenang aja, landak yang satu ini sama sekali tidak beracun dan juga tidak dilindungi kok. Landak asal afrika ini berbeda dengan landak hutan yang kalian kenal menyeramkan. Meskipun tetap memiliki duri di tubuhnya, tapi landak ini tidak berbahaya dan bisa akrab dengan manusia. Pemeliharaannya mirip dengan hamster, kamu butuh serbuk kayu sebagai alas kandang, tempat sembunyi, tempat makan dan minum. Oh iya landak mini ini termasuk hewan soliter ya, jadi tidak boleh digabung dengan landak lainnya. Makanan dari landak mini juga cukup mudah dicari, yaitu catfood dan serangga seperti ulat hongkong untuk cemilannya.

3. Musang




Ini musang yang suka ada di plafon rumah ya? yup betul, tapi mimin saranin kalo kalian mau pelihara musang, cari yang hasil captive breed bukan hasil tangkapan alam. Kenapa? karena karakter musang biasanya lebih jinak dan lebih bersih. Pemeliharaannya gimana ya? cukup mudah dan mirip dengan memelihara kucing atau anjing. Musang bisa ditempatkan di kandang kucing atau anjing kalian, dimandinkan dua minggu atau sebulan sekali. Untuk pakan juga cukup variatif dan mudah didapatkan, bisa menggunakan catfood, bubur bayi, buah buahan, atau kepala ayam, tinggal pilih mana yang mudah bagi kalian. Musang bisa diajak jalan-jalan sore seperti anjing , berlari dilapangan, dibawa jalan menggunakan motor loh. Seru ya?

Pesan mimin cuma satu, sebelum memutuskan untuk pelihara hewan cari tau segala informasi yang dibutuhkan, gabung dengan komunitas hewan di media sosial untuk sharing ilmu, dan komitmen.






alfidanger
eyefirst2
hackerlutfi
hackerlutfi dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.6K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan