Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tipscantiktvAvatar border
TS
tipscantiktv
9 Negara Ini Ternyata Pernah Ganti Nama, Kira-Kira Kenapa Ya?


         9 Negara Ini Ternyata Pernah Ganti Nama, Kira-Kira Kenapa Ya?

Bagi sebuah negara, nama adalah identitas bagi sebuah bangsa. Biasanya, nama negara diambil dari tempat-tempat penting atau kata-kata indah dalam bahasa tertentu.
Ngga seperti kita yang bisa ganti nama, biasanya sebuah negara diberi nama sekali. Tapi gais, kamu udah tahu belum sih kalau ternyata ada 9 negara di dunia ini yang pernah gonta-ganti nama? negara mana aja sih?
Berikut 9 Negara yang pernah ganti nama.
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool

#1 KAMBOJA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Kalau ada rekor negara yang paling sering ganti nama, mungkin kamboja bakalan jadi juaranya. Pasalnya negara ini sempat mengubah nama negaranya beberapa kali.
Pergantian negara ini bukan karena rakyatnya bosan dengan nama negaranya, tapi karena kekuasaan yang silih berganti. Setiap penguasa baru akan mencoba menghapus jejak penguasa lama dengan cara mengganti nama negaranya.
Dari tahun 1953 hingga 1993, negara ini berganti nama sampai empat kali. Dimulai dari kerajaan Kamboja, Republik Khmer, Kampuchea Demokrat, Negara Kamboja, hingga akhirnya kembali lagi jadi kerajaan Kamboja pada tahun 1993.

#2 MYANMAR emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Kalau Kamboja ganti nama karena perubahan pemerintahan, maka alasan Myanmar ganti nama lebih mulia. Enggak banyak yang tahu kalau Myanmar dulu bernama Burma. Nama Burma kemudian diganti jadi Republik Myanmar pada tahun 1989.
Pergantian nama ini dilakukan untuk melestarikan cara penulisan dalam bahasa lokal. Sayangnya, perubahan nama ini nggak disambut baik oleh beberapa negara. Alih-alih senang, Inggris dan Amerika Serikat justru lebih menyukai nama Burma dan enggan mengakui nama Myanmar.

#3 BOTSWANA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Sebelum menjadi negara merdeka seperti sekarang, Bostwana dulunya adalah bagian dari Kerajaan Inggris. Saat itu, namanya Bechuanaland. Nama itu diresmikan pada 31 Maret 1885 hingga akhirnya negara di wilayah Selatan Afrika itu merdeka sepenuhnya pada 30 September 1966.
Untuk menandai kemerdekaannya, pemerintah yang baru memutuskan untuk mengganti nama negaranya menjadi Botswana. Nama Botswana sendiri dipilih untuk mewakili etnis Tswana yang merupakan etnis terbesar di negara tersebut.

#4 SRI LANKA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Selain Myanmar dam Kamboja, ternyata Sri Lanka juga pernah melakukan pergantian nama dari Ceylon menjadi Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka. Ceylon sendiri merupakan nama pemberian dari Portugis ketika mereka mendarat di Sri Lanka pada tahun 1505.
Nama ini kemudian berubah menjadi Dominion of Ceylon ketika Sri Lanka menjadi salah satu negara persmakmuran Inggris tahun 1948. Pada tahun 1972, negara ini mengubah namanya menjadi Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka sekaligus menandai lepasnya Sri Lanka dari kekuasaan Inggris.

#5 REPUBLIK DEMOKRATIK KONGO emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Sebelum resmi menyandang nama Republik Demokratik Kongo, negara ini dikenal dengan berbagai nama. Mulai dari Congo Free State, Belgium Congo, Hingga Congo Leopodville.
Baru setelah berhasil meraih kemerdekaannya pada tahun 1960, negara ini kemudian memilih menggunakan nama Republik Kongo untuk mewakili bangsanya. Sayangnya, nama ini enggak bertahan lama. Sejak tahun 1965 sampai 1977 Kongo mengubah namanya sebanyak 3 kali. Dimulai dari Republik Demokratik Kongo, Republik Zaire, hingga kembali lagi jadi Republik Demokratik Kongo pada tahun 1977.

#6 INDONESIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Sebelum setia menggunakan nama Negara Republik Indonesia, negara kita pernah beberapa kali ganti nama. Di jaman kerajaan, negara ini dikenal dengan nama Nusantara, wilayahnya pun lebih luas mencakup Malaysia dan Singapura. Di masa penjajahan, nama Nusantara diganti beberapa kali. Mulai dari Hindia, Hindia Belanda, hingga akhirnya pada tahun 1913, Ki Hajar Dewantara memeprkenalkan nama Indonesia ke publik dengan mendirikan biro pers bernama Kantor Pers Indonesia.

#7 THAILAND emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Berikutnya ada negara Thailand yang ternyata pernah berganti nama. Kalau kebanyak negara mengubah namnaya karena kekuasaan dan penjajahan, Thailand mengubahnya karena kemauan mereka sendiri.
Awalnya negara ini bernama Siam. Tapi raja yang berkuasa pada tahun 1939 mengubah namanya menjadi Thailand. Nama Thailand sendiri terinspirasi dari orang-orang pertama yang menginjakan kakinya ke negara tersebut dan memiliki arti tanah orang yang merdeka.

#8 NAMIBIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Kalau kebanyakan negara Afrika dijajah Inggris, maka Namibia berada dalam asuhan Jerman sejak tahun 1884 dan bernama Deutsch-Sudwestafrika.
Setelah sepuluh tahun, negara ini akhirnya berhasil lepas dari penjajahan Jerman dan menjadi negara merdeka. Pemerintah pun memutuskan untuk mengganti nama negara menjadi Republik Namibia.

#9 ESWATINI emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Eswatini pasti terdengar asing di telinga kita. Maklum gais, negara ini terletak agak jauh di Selatan Afrika. 
Dulu Eswatini bernama Swaziland. Namun karena beberapa alasan, pemerintah negara tersebut mengubahnya menjadi Eswatini. Eswatini dalam bahasa lokal berarti tanah orang Swaziland. Karena diambil dari bahasa lokal, pemerintah merasa nama Eswatini lebih cocok mewakili negara mereka.
Selain itu, nama Swaziland seringkali membuat banyak turis asing salah sangka dan menyamakannya dengan Switzerland. Padahal, keduanya adalah negara yang sangat berbeda.



Itulah gaiss, 9 Negara yang pernah ganti nama. Kalau kamu ada info menarik lainnya, kamu boleh share di kolom comment, semoga bermanfaat and bye bye.

emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai
0
699
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan