Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gagal.jadi.nabiAvatar border
TS
gagal.jadi.nabi
India Dilanda 45.000 Kasus Jamur Hitam Mematikan 2 Bulan Terakhir
India Dilanda 45.000 Kasus Jamur Hitam Mematikan 2 Bulan Terakhir Kompas.com 22/07/2021, 10:41 WIB




NEW DELHI, KOMPAS.com - India mencatat lebih dari 45.000 kasus jamur hitam yang mematikan selama dua bulan terakhir, kata Kementerian Kesehatan pada Selasa (20/7/2021).

Menteri Kesehatan Junior India, Bharati Pravin Pawar, mengatakan kepada parlemen bahwa lebih dari 4.200 orang telah meninggal karena jamur dengan nama ilmiah mucormycosis tersebut.

Infeksi ini sebelumnya dianggap sangat jarang tetapi kasusnya membengkak selama pandemi virus corona, biasanya menyerang pasien setelah sembuh dari Covid-19.

Jamur hitam adalah penyakit yang sangat agresif. Ahli bedah terpaksa menghilangkan mata, hidung dan rahang pasien untuk menghentikan penyebarannya ke otak.


Kantor berita AFP melaporkan, tingkat kematiannya di atas 50 persen.

Menurut data pemerintah, jumlah kasus jamur hitam tertinggi dilaporkan di negara bagian Maharashtra yaitu 9.348.

Sebelum pandemi Covid-19, di rata-rata hanya ada 20 kasus jamur hitam per tahun.

Waktu itu hanya orang-orang dengan kekebalan lemah yang berisiko terinfeksi, termasuk mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi, HIV, atau penerima transplantasi organ.

Para ahli mengaitkan kenaikan kasus jamur hitam India baru-baru ini dengan penggunaan steroid yang berlebihan untuk mengobati Covid-19.

Pemerintah India menyatakan jamur hitam sebagai epidemi pada Mei 2021, ketika kasus-kasus melonjak dan media sosial dibanjiri bantuan meminta obat-obatan untuk mengobatinya.

Data pemerintah yang diajukan pada Selasa menunjukkan, jumlah infeksi memuncak selama Mei dan Juni lalu sejak itu menurun secara substansial.

Namun surat kabar Hindustan Times pada Senin (19/7/2021) melaporkan, terjadi peningkatan kasus di kalangan anak-anak negara bagian Rajasthan.


Sumber: 1

Dalam dua bulan saja penderita meningkat eksponensial hingga 45,000 jiwa, sementara sebelumnya hanya 20 jiwa per tahun. Dari angka itu, yang korban mati sudah mencapai 2,400 jiwa. Mata juga bisa terpaksa dicungkil.  Muke gile, bray... emoticon-Kagets

Tampaknya virus penyebab kopid menjadi faktor penguat di mana kekebalan tubuh manusia yang melemah gegara serangan virus tsb menjadi rentan dengan serangan jamur hitam.

Ada yang tahu penyakit apa itu?? Yang setahu ane ada penyakit yang mirip begitu menyerang mata, tapi tidak sampai mematikan. Mata merah dan terasa perih. Itu bisa sampai sebulan. Mengurung diri agar tidak menular ke orang lain. Entah itu disebabkan oleh jamur, bakteri atau virus. Ane sudah pernah kena dua kali seumur hidup.

Kabarnya, penyakit oleh serangan jamur hitam itu sudah ada di Indonesia... dan juga menyebabkan kematian.emoticon-Takut

Waspadalah, waspadalah! emoticon-Cool
0
696
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan