Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mahkotax.putraAvatar border
TS
mahkotax.putra
DKI-Polda Metro Diskusi soal Rencana Satpol PP Bisa Jadi Penyidik
https://news.detik.com/berita/d-5652...779.1625006908



Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan memberi wewenang Satpol PP melakukan penyidikan pelanggaran COVID-19. Hari ini, Pemprov DKI akan melakukan diskusi dengan Polda Metro Jaya bahas soal penindakan di lapangan.

"PPNS sendiri ada Korwas. Ada korwas PPNS yang dikomandoi oleh kepolisian. Nanti detail teknisnya sambil nunggu proses revisi Perda ini diselesaikan. Karena besok (hari ini) pun kita akan melaksanakan FGD dengan Polda Metro gimana cara bertindak di lapangan," ujar Asisten Pemerintah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko saat ditemui di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (21/7/2021).

Dalam revisi itu, Pemprov DKI berencana mengubah Perda DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang penanggulangan COVID-19. Diusulkan, Satpol PP bisa memiliki kewenangan melakukan penyidikan pelanggaran COVID-19.

Dalam draf tersebut dijelaskan penyidik dari Satpol PP dapat melakukan pemeriksaan terhadap laporan aduan tindak pidana dari masyarakat. Satpol PP dapat memanggil para saksi maupun penyitaan barang bukti.

Satpol PP wajib melaporkan dimulainya penyidikan kepada polisi. Kemudian, hasil penyidikan yang dilakukan oleh Satpol PP diserahkan kepada polisi dan pengadilan negeri.

Sigit menerangkan, wewenang yang diberikan ke Satpol PP ini semata-mata untuk melakukan perubahan perilaku di masyarakat.

"Jadi temanya bukan sekadar membuat aturan hukum, tapi lebih kepada gimana kita mengedukasi semua untuk sama-sama patuh. Karena pada kenyataannya sekarang masyarakat itu lebih takut kepada petugas penegak hukumnya, ketimbang dari aturan hukum itu sendiri," terang Sigit.

Sigit mengatakan sanksi pidana dalam revisi perda itu akan diterapkan pada pelanggaran yang dilakukan berulang. Sigit memastikan penerapan sanksi dilakukan bertahap.

"Tentu kita bicarakan soal adanya tahapan eskalasi. Kalau bagi pelaku usaha dengan konsekuensi terjadinya episenturm baru tentu penetapan sanksinya berbeda-beda. Makanya besok (hari ini) kita baru detailkan dalam FGD bersama Polda Metro, kita ikuti aja nanti prosesnya seperti apa sambil ini berjalan. Tapi yang pasti bahwa ini bukan sekadar membuat instrumen penegakan hukum, tapi ini juga gimana kita menghormati masyarakat yang taat, yang tertib sekaligus juga memberikan pesan kepada masyarakat untuk semuanya sama-sama mengikuti disiplin prokes," tuturnya.
Diubah oleh kaskus.infoforum 22-07-2021 06:06
ronalddch
ronalddch memberi reputasi
1
2.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan