Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Pemprov DKI Berharap Pelapor di JAKI Juga Pertimbangkan Keselamatan Diri


Jakarta - Pemprov DKI melakukan investigasi dugaan bocornya data pelapor pelanggaran PPKM darurat via aplikasi JAKI. Investigasi sudah berjalan di Inspektorat.

"Terkait dengan adanya dugaan kebocoran data pelapor, saat ini telah dilakukan upaya investigasi yang sedang berjalan di Inspektorat Provinsi DKI Jakarta," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta Atika Nur Rahmania dalam keterangannya, Kamis (15/7/2021).

Dia berharap warga tetap tidak ragu berpartisipasi dalam menegakkan disiplin PPKM darurat, salah satunya melapor via JAKI. Atika mengingatkan konten yang dilaporkan harus bisa dipertanggungjawabkan.

"Harus tetap mempertimbangkan aspek keselamatan diri dengan menghindari konten pelaporan yang dapat menimbulkan dugaan dan mengarahkan pada keberadaan pelapor," tegas Atika.


Atika sekali lagi menekankan Pemprov DKI menjamin kerahasiaan identitas pelapor.

"Perlu ditegaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjamin keamanan atas seluruh data identitas pelapor yang masuk melalui aplikasi JAKI," kata Kadis Kominfotik DKI Atika Nur Rahmania dalam hak jawab Pemprov DKI menanggapi pemberitaan 'LPSK Minta JAKI Tanggung Jawab Akibat Identitas Pelapor Anonim Bocor', Kamis (15/7/2021).

Dia menyebut Pemprov DKI telah melakukan proteksi dan menjaga identitas pelapor terkait dugaan kebocoran data. Atika menerangkan kerahasiaan identitas pelapor terjamin melalui fitur 'sembunyikan pelapor' di aplikasi JAKI dan pengembangan sistem cepat respons masyarakat versi 2.

"Dengan fitur ini, laporan tidak akan ditampilkan di kanal mana pun, baik JAKI maupun pengaduan warga," terangnya.

Dia berharap agar isu dugaan kebocoran identitas pelapor via JAKI bisa dipaparkan dengan lengkap.

"Agar dapat memberitakan isu dugaan kebocoran identitas pelapor ini secara berimbang dengan memperhatikan kaidah jurnalistik dengan mengangkat fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi dari pihak-pihak terkait dan berwenang untuk memberikan penjelasan secara detail," katanya.

https://news.detik.com/berita/d-5644...selamatan-diri

Lha.. Kok kesannya malah menakut nakuti yang mau melapor?.. emoticon-Malu (S)

Ibarat polisi bilang.. Masyarakat bisa melaporkan tindak kejahatan TAPI mereka diharapkan juga mempertimbangkan keselamatan diri sendiri akibat laporannya.. emoticon-Malu (S)

Ya yang ada ga bakal ada orang yang mau lapor lah.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 16-07-2021 02:05
37sanchi
ivanind
betadine
betadine dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan