Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Cina Akan Selamatkan Bumi dari Asteroid Raksasa Bennu, Apakah NASA Akan Bantu?:
Foto ilustrasi asteroid bennu mendekati bumi | kalingatv.com


Para ahli dari National Space Science Center (NSSC) di Cina sudah mengutarakan rencana mereka untuk meluncurkan sebuah armada roket ke luar angkasa, yang nantinya akan berfungsi untuk mengusir asteroid yang mendekati orbit Bumi. NSSC berencana menjalankan misi ini pada tahun 2031.

Laporan menyebutkan bahwa tujuan para ahli NSSC adalah menyingkirkan asteroid Bennu, asteroid yang melingkar dengan lebar 1.614 kaki (492 meter), dan dalam periode 2175 hingga 2199, asteroid ini diperkirakan akan semakin dekat ke Bumi dengan jarak saat ini 7,5 juta kilometer dari Bumi, dan asteroid Bennu diklasifikasikan sebagai asteroid yang memiliki potensi bahaya tinggi.

Menurut pernyataan para ahli NSSC, ada kemungkinan 1 banding 2700 asteroid ini akan bertabrakan dengan planet Bumi, yang menurut para ahli cukup berbahaya bagi Bumi terutama penduduknya. Hal ini sudah diamati dan di pelajari para ahli NSSC yang sudah mensketsa dampak buruknya jika asteroid Bennu menghantam Bumi. Para ilmuwan sangat khawatir dengan asteroid Bennu ini karena dapat membuat kehancuran yang luar biasa.

Foto perbandingan ukuran asteroid bennu dengan menera tinggi di bumi | tekno.tempo.co


Sementara itu, para ilmuwan di National Space Science Center di Cina juga melakukan simulasi dengan menggunakan 23 roket “Long March 5” yang memiliki berat 900 ton untuk berat keseluruhan. Ke-23 Roket Long March 5 akan bertugas untuk mendorong atau membawa asteroid Bennu menjauh dari jalur aslinya yang artinya dijauhkan lagi dari posisi sebelumnya sekitar 5.592 mil.

Dampak asteroid Bennu dapat menimbulkan ancaman besar bagi semua kehidupan di Bumi, ungkap Li Mingtao seorang insinyur ruang angkasa dari National Space Science Center (NSSC)

Foto asteroid bennu | wikiwand.com


Jadi misi Cina adalah menjauhkan atau menghancurkan asteroid Bennu dari jalur aslinya, agar mengurangi ancaman tabrakan ke Bumi, dan untuk mendorong asteroid seperti Bennu keluar dari jalur aslinya, sangat membutuhkan energi kinetik yang sangat besar, kata Dr. Li Mingtao.

FYI • Untuk seputar tentang pengetahuan tentang energi kinetk bisa baca di sini: Wikipedia.org - Energi Kinetik

Sementara penggunaan peledak bertenaga nuklir tampaknya merupakan pilihan yang tepat juga untuk menghancurkan asteroid ke ukuran yang lebih kecil. Namun, Dr. Li Mingtao menjelaskan, kemungkinan untuk menjauhkan asteroid besar ini akan menggunakan teknologi bebas nuklir. Tim NSSC sudah mengusulkan menggunakan beberapa roket, untuk mendorong asteroid tersebut.

Peneliti memperkirakan waktu perjalanan roket Long March menuju asteroid akan memakan waktu selama tiga tahun dari Bumi ke asteroid, dan membutuhkan sepuluh tahun untuk menjauhkan asteroid tersebut.




Referensi: independent.co.uk - China Plans Mass Rocket Launch To Divert Asteroid That Could Wipe Out Life On Earth
Diubah oleh Sambelterasi052 09-07-2021 13:11
over.power
mulyono116258
pakisal212
pakisal212 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
7K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan