cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Film Terburuk yang Lahir Dari Novel Terbaik, No 5 Paling Bapuk dan Mengecewakan
Selamat datang kembali di thread ane gan.

Skenario cerita dalam film bisa didapatkan dari mana saja baik itu cerita skenario asli maupun adaptasi dari media lain. Untuk yang dari adaptasi yang paling sering dilakukan adalah dari sebuah novel. Mengadapatasi novel ke dalam sebuah film memang adalah salah satu jalan pintas mendapatkan ide yang menarik karena cerita dalam novel best seller sudah terbentuk plot yang sudah selesai dan tak perlu repot-repot memikirkan ide original.

Selain itu mengangkat novel best seller ke layar lebar juga meningkatkan kesempatan laris di box office. Adapun film adaptasi yang sukses antara lain ada Harry Potter, The Lord of the Rings, Jurassic Park, The Hunger Games. Dll.



Akan tetapi tidak semua film adaptasi novel bisa berhasil karena berikut ini ada adalah beberapa film terburuk yang diangkat dari novel best seller terbaik.

1. Percy Jackson and the Olympian: the Lightning Theft


Novel Percy Jackson adalah novel fantasy karya Rick Riordan yang jumlah serinya ada 5 buku. Film pertamanya yaitu Percy Jackson and the Olympian: the Ligtning Theft (2010) bisa dibilang jelek sekali dan jauh dari harapan pembaca novelnya. Itu karena banyak pakem yang dilanggar dan elemen novel yang diubah. Seperti umur Percy yang diubah menjadi remaja dan seharusnya masih bocah 12 tahun, hingga cerita dan karakter yang cukup berbeda dari novelnya. Walaupun melahirkan film kedua, tapi tetap saja sama gagalnya.

2. Eragon


Eragon merupakan buku fantasi karangan Christopher Paolini yang menceritakan petualangan seorang anak laki-laki setelah menemukan telur naga. Novel ini diadaptasi ke dalam film pada 2006. Alih-alih menyaingi Harry Potter, justru malah sebaliknya. Film ini dikritik habis karena terlalu banyak melenceng dari novelnya dan juga masalah visual efek yang bahkan untuk tahun 2006 terasa seperti film jadul. Hal tersebut diperparah dengan akting para pemainnya yang terkesan tidak lepas.

3. The Golden Compass

Pada 2007, dirilislah film The Golden Compass yang merupakan adaptasi dari novel karangan Philip Pullman. Novel itu sebenarnya memiliki cerita dan nuansa yang cukup berbobot seputar agama, cinta,filsafat dan juga ilmu pengetahuan. Tapi filmnya malah sebaliknya dan cenderung tidak berbeda dengan film mainstream lainnya dan juga cerita yang begitu datar. Tentu saja film ini dicap sebagai salah satu film adaptasi novek terburuk sepanjang masa.

4. The Hobbit

The Hobbit adalah novel legendaris karya JRR Tolkien yang mengisahkan sebelum kejadian The Lord of The Rings. Peter Jackson rupanya ingin mengulang kesuksesan trilogi sebelumnya saat merilis The Hobbit pada 2012 yang lalu. Masalahnya adalah novel berjumlah sekitar 300 halaman diadaptasi menjadi tiga film merupakan suatu hal yang hanya ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Akibatnya cerita terkesan dipanjang-panjangkan dan terlalu banyak momen yang tidak penting yang tidak ada dalam novelnya.

5. Allegiant


Seri novel Divergent karya Veronica Roth mendapatkan ulasan yang cukup baik meskipun konsepnya terbilang mainstream untuk novel distopia. Akan tetapi filmnya termasuk gagal dan mengecewakan. Yang terburuk tentu saja adalah film ketiganya, Allegiant (2016). Film ini seperti kehilangan arah dan sang pembuat film seolah memang tak punya niat dalam memproduksi film ini. Cerita yang berantakan dan klimaks yang membosankan membuat film ini flop. Akibatnya film keempatnya pun dibatalkan dan ceritanya dibiarkan tidak selesai. Saking bapuknya, film ini hanya mendapatkan nilai 11% di Rotten Tomattoes.

Nah gan, yang mana paling mengecewakan dan apakah ada lagi selain yang disebutkan di atas? emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh cintadine 08-07-2021 19:53
akbarfatahil928
tohekkawaii
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 19 lainnya memberi reputasi
20
27.7K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan