cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Aksesoris Paling Langka Konsol Legendaris PS1, Jarang ditemukan di Rentalan
Selamat datang kembali di thread ane gan.

Playstation generasi pertama atau yang biasa kita sebut dengan PS1 adalah konsol klasik legendaris dan sangat berpengaruh pada industri video game. Konsol berwarna abu-abu dan putih ini diluncurkan pada 1994 sebagai konsol generasi kelima dan telah menjadi benda bersejarah bagi anak-anak 90an dan menjadi bagian tak terlupakan dari masa kecil mereka. Konsol ini menyimpan sejuta cerita bagi orang yang pernah memainkannya di pada masa itu. Selain karena memiliki judul game yang sangat banyak, PS1 juga menjadi salah satu konsol yang terlaris sepanjang masa.


Selain itu, PS1 juga memiliki beberapa aksesoris tambahan dan kini aksesoris tersebut sudah menjadi barang langka. Nah, berikut ini adalah aksesoris PS1 paling langka dan sulit ditemukan di era sekarang.

1. Playstation Analog Joystick


Sebelum stik analog PS1 diluncurkan untuk pertama kalinya, Sony merilis sebuah aksesoris unik yaitu controller analog yang ukurannya cukup besar bernama Playstation Analog Joystick. Alat ini diperuntukan untuk bermain game pesawat agar para player lebih mudah memainkannya. Aksesoris ini termasuk yang paling langka bahkan pada masanya. Apakah agan pernah menggunakan joystick ini?

2. Playstation Asciiware Arcade Stick 


Gamer arcade zaman dulu kebanyakan nyaman dengan bentuk controllernya terutama jika digunakan untuk game fighting. Sony menyadari hal itu dan meluncurkan joystick arcade seperti yang pernah dilakukan Sega pada Sega Genesis. Joystick ini diperuntukan untu bermain game fighting atau petulangan yang membutuhkan kecepatan menekan tombol. Unitnya pun cukup langka untuk zaman sekarang mengingat pada masanya joystick ini hanya sedikit gamer yang membelinya.

3. PSOne LCD Screen


PSOne adalah varian PS1 yang berbentuk lebih kecil. Konsol kecil ini menjadi penerus PS1 standar di saat PS2 sudah diluncurkan. Ada aksesoris tambahan pada konsol ini yang jarang kita temui di tempat rentalan dulu yaitu LCD Screen. Aksesoris ini berupa layar LCD sehingga player tak perlu repot-repot menghubungkannya ke layar televisi dan dilengkapi dengan jack audio untuk headset.

4. Playstation Link Cable


Di zaman sekarang ini mungkin sudah tidak ada game multiplayer yang menggunakan fitur split scrin atau layar dibagi menjadi dua untuk dua player. Di PS1 dulu paling sering ada di game balapan. Sony meluncurkan aksesoris berupa Playstation Link Cable yang memungkinkan player bermain menggunakan dua konsol untuk satu game yang sama sehingga puas dengan satu layar. Namun game yang support aksesoris ini terbatas dan salah satunya adalah Twisted Metal 3.

5. PocketStation


Aksesoris PS1 ini hanya dirilis di Jepang dan otomatis kita tidak pernah menemuinya di rental zaman dulu kecuali ada yang mengimpornya langsung dari Jepang. PocketStation adalah aksesoris PS1 yang fungsinya sama seperti Memory Card namun memiliki fitur tambahan yaitu berupa tambahan mini game sederhana. Ya mirip-mirip game Tamagotchi lah.

6. PlayStation Mouse


Sony ternyata pernah merilis mouse untuk konsol PS1. Aneh bukan? Ya memang aneh karena aksesoris ini hanya digunakan untuk mempermudah player dalam bermain RPG Maker dan sangat terbatas untuk beberapa game saja seperti Alien Resurrection dan Area 51. Apakah agan pernah menggunakan mouse ini untuk bermain game PS1?

7. PlayStation Multitap


Kalau yang satu ini ane pernah memakainya dulu di tempat rental. Mulitap adalah aksesoris PS1 yang memungkinkan para player untuk bermain game hingga 4 pemain sekaligus dengan menambahkan port untuk player 3 dan 4. Sehingga bisa bermain secara beramai-ramai. Adapun game yang saat itu bisa dimainkan hingga 4 orang antara lain CTR, Smack Down! 2, Crash Bash, hingga Winning Eleven.

Nah gan, kalau kalian pernah menggunakan yang mana nih? emoticon-Ngakak

Quote:
fahmiprsb193860
anton2019827
kadal.mumet
kadal.mumet dan 26 lainnya memberi reputasi
27
9.2K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan